Mengetahui Lama Menstruasi yang Normal pada Perempuan

Mimi Rohmitriasih30 Nov 2019, 11:15 WIB
Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Menstruasi merupakan hal yang tak asing lagi bagi perempuan. Ketika memasuki masa pubertas dan menjelang dewasa, setiap perempuan akan mendapati dirinya menstruasi. Menstruasi adalah siklus bulanan alami pada perempuan yang ditandai dengan keluarnya darah dari miss V.

Siklus menstruasi adalah perubahan fisiologis pada tubuh perempuan yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Rata-rata siklus menstruasi terjadi sekitar 28 hari. Para ahli menyebutkan jika siklus yang normal adalah 21 hari sampai 35 hari. Setiap orang memiliki siklus masing-masing. Begitu juga dengan lama menstruasi yang dialami.

Normalnya Berapa Hari Menstruasi Terjadi?

Menstruasi
Ilustrasi/copyright shutterstock.comDean Drobot

Melansir dari laman prevention.com, rata-rata menstruasi terjadi selama 5 hari. Waktu normal menstruasi adalah 3 hingga 7 hari. Dalam beberapa kasus yang ada, waktu paling lama menstruasi adalah 15 hari. Jika menstruasi terjadi lebih dari 15 hari atau kurang dari 2 hari, ini bisa menandakan ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan tubuh.

Mengutip dari laman Very Well Health, lama menstruasi tergantung pada darah yang keluar dari miss V. Semakin banyak darah yang dikeluarkan, maka akan semakin lama waktu menstruasi. Semakin sedikit darah yang dikeluarkan, akan semakin sebentar lama waktu menstruasi.

Ada beberapa faktor yang membuat siklus menstruasi tidak teratur yakni lebih lama atau lebih sebentar. Faktor tersebut antaranya penggunaan pil KB, gaya hidup, berat badan berlebih, stres dan risiko penyakit tertentu. Untuk mengetahui normal atau tidaknya siklus menstruasimu, selalu catat siklus menstruasimu dan ketahui rata-ratanya. Jika tidak teratur atau lebih lama dari yang seharusnya, jangan segan mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau ahlinya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓