Aksi Peduli Lingkungan untuk Rayakan Hari Menanam Pohon Indonesia

Meita Fajriana02 Des 2019, 20:00 WIB
Menanam pohon untuk lingkungan

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November. PT Johnson & Johnson Indonesia melalui produk unggulannya, JOHNSON’S bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia (WWF-Indonesia) kembali membuktikan komitmennya dengan melaksanakan kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon yang merupakan bagian dari program Gentle Tree.

Program Gentle Tree ini dicanangkan pada awal Agustus 2019 lalu dengan tujuan untuk terus mendukung masyarakat Indonesia dalam memberikan lingkungan yang terlembut dan terbaik untuk bayi sekaligus memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Pada program ini, JOHNSON’S bekerja sama dengan WWF Indonesia dengan mengundang sebanyak 2.000 orangtua Indonesia yang tergabung dalam JOHNSON’S® Parents Club untuk mendukung aksi peduli lingkungan penanaman 2.000 pohon dan menamai pohon-pohon tersebut dengan nama bayi mereka.

”Sebagai salah satu perusahaan perawatan kesehatan global, kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan kesehatan agar menjadi lebih baik bagi generasi masa depan Indonesia dengan memastikan kelestarian alam secara berkelanjutan. Penanaman pohon ini diharapkan dapat membantu dalam memperbaiki kondisi lingkungan di wilayah hulu tersebut,” Devy Yheanne Country Leader of Communications and Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia.

Menanam pohon diketahui memiliki banyak manfaat positif bagi bumi dan makhluk hidup di sekitarnya, termasuk manusia. Dalam jangka waktu yang panjang, tanaman memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti menyerap emisi karbon penyebab pemanasan global, memproduksi oksigen dan menyerap karbon dioksida, menyimpan air hujan sumber kehidupan makhluk hidup, mencegah erosi, habitat bagi flora dan fauna endemik, sehingga ekosistem dalam wilayah hutan tersebut tetap terjaga.

Selain itu, hasil dari tanaman atau pohon tersebut juga merupakan sumber kehidupan dan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat disekitarnya. Melihat pentingnya peran tanaman maupun pohon dalam kehidupan makhluk hidup, JOHNSON’S sadar bahwa penting untuk melakukan suatu inisiatif yang mengajak sebagian besar masyarakat Indonesia untuk menanam pohon melalui program Gentle Tree.

Adapun waktu pelaksanaan kegiatan penanaman tersebut dilakukan sejalan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia. Aktivitas peduli lingkungan dengan penanaman berbagai jenis pohon ini dilakukan di Blok Adrikon seluas 5 hektar yang terletak di Desa JogJogan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Jenis pohon yang ditanam ditentukan berdasarkan hasil survei dan diskusi dengan masyarakat sekitar, dimana 60 persen merupakan tanaman keras dan sisanya 40 persen merupakan tanaman buah. Selain itu, tanaman tersebut juga merupakan tanaman endemik di hulu sungai Ciliwung, sehingga nantinya mudah untuk dikembangkan oleh masyarakat sekitar.

 

Jenis tanaman keras yang ditanam

Menanam pohon untuk lingkungan
Menanam pohon untuk lingkungan. (Foto: Dok. Johnson's)

Adapun jenis tanaman keras yang ditanam, antara lain adalah:

▪ Puspa (Schima wallichii) yang bermanfaat bagi pelestarian air dan tanah di daerah tangkapan air, selain itu juga dapat melindungi tanaman kopi (yang ditanam warga/petani lokal) agar tidak menerima sinar matahari yang berlebihan.

▪ Damar (Agathis dammara) dimana getahnya dapat dimanfaatkan untuk bahan baku kosmetik, resin, dan juga lilin.

▪ Suren (Toona sureni) dimana ekstrak daunnya dapat digunakan sebagai insektisida alami.

▪ Kayu Afrika (Maesopsis eminii) yang dapat berfungsi sebagai pelindung tanaman kopi.

▪ Rasamala (Altingia excelsa) yang daunnya dikenal masyarakat dan dapat diolah menjadi obat batuk tradisional.

▪ Adapun untuk tanaman buah, jenis tanaman yang ditanam diantaranya adalah: Kopi Arabika(Coffea arabica), Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) dan Alpukat (Perseaamericana).

“Dengan adanya kegiatan menanam pohon melalui program Gentle Tree ini, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar. Selain itu, kami juga berharap tanaman dan pohon yang telah ditanam dan didukung oleh para orangtua tersebut dapat diberdayakan oleh masyarakat sekitar, sehingga dapat membantu mereka dalam meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup mereka secara tidak langsung,” tambah Devy.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓