Telat Alami Pegal Usai Berolahraga? Ikuti 3 Tips Mudah untuk Mengatasinya

Karla Farhana06 Des 2019, 13:00 WIB
[Fimela] Olahraga

Fimela.com, Jakarta Rasa pegal di area perut, kaki, dan lengan sangat wajar jika kamu rasakan usai berolahraga. Namun, kasus akan emnjadi berbeda ketika kamu mengalami atau merasakan pegal justru 2-3 hari setelah melakukan olahraga. Ternyata, tulis Pop Sugar, kondisi ini disebut dengan delayed onset muscle soreness (DOMS). Sayangnya, penyembuhan kondisi ini tidak mudah, karena tidak ada metode penyembuhan yang pasti. 

DOMS biasanya muncul ketika ada luka kecil di dalam otot yang mengarah pada proses inflamasi bertahap yang terjadi [ada 24-48 jam pertama usai melakukan olahraga yang intens. Menurut Tedd Keating, seorang profesor kinesiologi di Manhattan College, luka kecil dan inflamasi ini kemungkinan merupakan hasil dari gerakan-gerakan seperti squat dan deadlifts. 

DOMS juga bisa muncul ketika kamu sudah lama tidak melakukan olahraga, kemudian kamu langsung memulai kembali dengan gerakan-gerakan olahraga yang cukup eksentrik. Lantas, bagaimana cara menanganinya?

Ice and Heat

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga (iStockphoto)

Sebnarnya, cara yang paling baik adalah menemui dokter olahraga agar cedera pada ototmu dapat ditangani dengan baik dan benar. Namun, kalau tidak memungkinkan untuk menemui dokter olahraga, kamu bisa mengatasinya di rumah terlebih dahulu menggunakan es batu dan kantung yang berisi air panas. 

Pop Sugar menulis, metode ice over heat ini dapat membantu mengurangi rasa pegal pada area tertentu. Keating mengatakan, ada banyak studi yang menunjukkan cara ini cukup ampuh untuk mengatasi DOMS. 

Bahan yang Ada di Dapur

Selain itu, Sahabat Fimela dapat mencari alternatif lain yaitu dengan bahan-bahan yang biasanya ada di dapur. Seperti mengonsumsi jus buah cherry. Keating mengatakan kepada Pop Sugar, kalau beberapa studi menunjukkan jus buah cherry mampu mengurangi rasa pegal-pegal usai berolahraga. 

Selain jus cherry, kamu juga bisa meminum susu cokelat yang kaya akan protein. Kamu bisa menambahkan protein pada milk shake usai melakukan olahraga. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi jamu kunyit asam yang mampu mengurangi rasa pegal. 

Kembali Berolahraga

Ilustrasi yoga
ilustrasi yoga(Foto: unsplash.com/Avrielle Suleiman

Cara lain adalah dengan kembali berolahraga. Namun, ketika kamu merasakan pegal-pegal yang cukup berat, sebaiknya kamu menunda latihan angkat beban. Kamu bisa mencoba dengan berolahraga yoga, bersepda, atau juga pilates. 

engan menggerakkan tubuhmu atau kembali aktif, luka-uka kecil pada otot lama kelamaan akan pulih secara alami. Namun ingat, pilih olahraga ringan dan tunda laatihan mengangkat beban yang sangat berat. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓