7 Alasan dan Waktu yang Tepat untuk Akhiri Hubungan Cinta

Vinsensia Dianawanti06 Des 2019, 10:30 WIB
putus cinta

Fimela.com, Jakarta Mengakhiri hubungan cinta memang tidak pernah mudah. Ketika berusaha mengakhiri hubungan cinta pasti kamu memikirkan 1001 alasan agar tidak menyakiti hari pasangan.

Namun sebelum benar-benar memutuskan untuk mengakhiri hubungan cintamu. Pikirkan alasan dan waktu yang tepat sehingga bisa mengurangi gangguan emosi yang mungkin terjadi pada pasangan. Melansir dari Boldsky pada Rabu (4/12/2019) terdapat bebrapa tips untuk membantumu mengakhiri hubungan cinta dengan lebih baik.

1. Pikirkan dengan bijaksana

Sebelum putus, kamu perlu memiliki kejelasan dengan dirimu sendiri. Kamu perlu memikirkan apakah benar-benar harus mengakhiri hubungan cintamu atau tidak. Jangan sampai kamu mengambil keputusan yang salah atau tergoda dengan orang lain yang membuatmu salah memilih.

2. Pilih waktu yang tepat

Jangan sembarangan, tunggu waktu yang tepat untuk mengakhiri hubungan cinta. Jangan katakan putus ketika pasanganmu sedang sakit atau sedang mengalami masa sulit. Pertimbangkan situasi pasanganmu. Jangan sampai membuat depresi yang akan memperumit keadaan.

3. Hindari katakan putus lewat telepon

Ini adalah sebuah larangan keras ketika hendak mengakhiri hubungan cinta karena sangat tidak layak. Persoalan hubungan cinta harus diselesaikan secara langsung dan tunjukkan bahwa sebenarnya hubungan ini juga penting untuk kamu.

 

4. Pilih tempat yang privat

Putus cinta
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Untuk menghindari luapan emosi yang akan dilihat banyak orang, lebih baik pilih tempat yang nyaman dan privat. Selain itu, kamu juga menunjukkan seluruh luapan emosi yang mengganjal.

5. Utarakan pikiran dan perasaanmu secara jujur

Saat berdiskusi dengan pasangan soal perpisahan, kamupun harus jujur dengan pikiran dan perasaanmu. Jangan karena tidak ingin menyakiti pasangan, kamu jadi bertahan dalam hubungan. Ini yang menjadikan hubungan menjadi tidak sehat.

6. Berikan alasan konkret

Jangan berikan alasan konyol ketika hendak mengakhiri hubungan dengan pasangan. Seperti kurang perhatian hingga pasangan yang tidak lucu masih bisa diselesaikan. Namun jika pasangan yang selingkuh hingga berperilaku kasar bisa jadi alasan hubungan harus berakhir.

7. Tetap tenang dan sabar

Cobalah untuk tetap tenang dan sabar ketika berbicara agar tidak memancing emosi pasangan. Kamu perlu memahami bahwa mengakhiri hubungan bukanlah hal mudah bagi pasangan. Bertindak agresif justru akan memperburuk keadaan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓