Alasan Kenapa Tahun Pertama Pernikahan Terasa Sangat Berat

Mimi Rohmitriasih05 Des 2019, 14:10 WIB
Diperbarui 05 Des 2019, 14:10 WIB
[Fimela] Ilustrasi Pernikahan

Fimela.com, Jakarta Momen pernikahan merupakan momen yang sangat sakral dan mengesankan buat setiap orang. Saat menikah, siapapun berharap bahwa ia menikah dengan orang yang tepat. Menikah merupakan fase yang besar dan bisa dibilang cukup berat dalam hidup. Menikah bukan hanya tentang menghabiskan waktu bersama pasangan dan bersenang-senang saja. Ada banyak hal mengenai pernikahan yang justru menguras hati, emosi dan pikiran.

Bagi banyak orang, tahun pertama pernikahan menjadi tahun yang penuh tantangan. Bisa saja di tahun ini pasangan akan mendapatkan beberapa masalah. Banyak hal yang penting diselesaikan di tahun pertama pernikahan mulai dari keuangan, menyatukan dua orang dan dua keluarga, menyatukan isi pikiran dan masih banyak lagi.

Melansir dari laman brides.com, tahun pertama pernikahan bisa saja menjadi tahun yang berat bagi beberapa pasangan. Kenapa bisa begitu?

Alasan Tahun Pertama Pernikahan Itu Berat

Pernikahan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/AnnaGorbenko

Menurut terapis hubungan Aimee Hartstein, di tahun pertama dua orang harus menyatukan isi hati dan pikiran. Keduanya harus bersedia sama-sama mengalah dan mencari jalan terbaik demi dapatkan hubungan pernikahan yang bahagia, nyaman dan mengesankan. Kehidupan setelah pernikahan jelas sangat berbeda dengan kehidupan saat masih lajang atau pacaran. Setiap orang harus bersedia mempelajari banyak hal baru di pernikahannya.

Hartstein mengatakan, “Dirimu akan mengalami banyak perubahan setelah menikah. Perubahan ini terkadang menguras emosi. Dirimu harus benar-benar siap menyambut perubahan ini dan lebih bersabar. Dirimu harus belajar mengikuti kata hati suami dan keluarganya meski hatimu tidak begitu setuju.”

Pernikahan di tahun pertama akan terasa berat karena dirimu telah mengikat komitmen yang lebih kuat bersama pasangan. Tak hanya dengan pasangan, dirimu juga telah mengikat komitmen tersebut dengan keluarganya. Saat siami ingin melakukan sesuatu dan dirimu tak setuju akan hal itu, ini akan terasa lebih berat. Namun, dalam pernikahan harus ada yang mau berlapang dada dan mengalah demi bahagia bersama.

Di tahun pertama pernikahan, seseorang diajari bagaimana untuk tidak mementingkan dirinya sendiri. Di tahun pertama pernikahan, seseorang diajari bagaimana ia harusnya berperan jadi pasangan yang baik.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓