Tips Memilih dan Membeli Usus Ayam yang Berkualitas Baik

Febi Anindya Kirana05 Des 2019, 15:15 WIB
usus ayam

Fimela.com, Jakarta Ketika membeli usus ayam untuk dimasak sendiri di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena usus ayam merupakan bahan makanan yang rentan kotor dan terkontaminasi ketika mentah, ada kalanya kualitas usus ayam sudah tak bagus lagi. Nah, bagaimana mengenali mana usus ayam yang bagus dan tidak bagus? Ikuti tips berikut ini sebelum membelinya.

1. Warna yang segar

Perhatikan dulu penampilan usus ayam yang dijual, jika dijual dalam keadaan mentah, pastikan warnanya merah muda segar, tidak putih pucat. Jika warnanya sudah tidak segar, bisa jadi sudah lama. Jika dalam keadaan sudah matang, tinggal mengolah, lihat apakah warnanya kuning pucat segar.

2. Tekstur empuk

Coba sentuh dan cubit, akan lebih baik jika membeli usus ayam yang tekturnya empuk dan tidak kenyal, jika kenyal cenderung alot, dikhawatirkan sudah diberi pengawet. Jadi pilih yang teksturnya tidak kenyal, alot atau liat.

3. Tidak berbau menyengat

usus ayam
ilustrasi usus ayam/copyright By Jenson (Shutterstock)

Pastikan tidak ada bau busuk menyengat. Secara umum, usus ayam tidak memiliki bau menyengat meskipun sebagai saluran pencernaan ayam. Dalam keadaan bersih, usus ayam hanya memiliki sedikit aroma amis khas ayam dan itu wajar. Tapi jangan dibeli jika sudah berbau tak sedap.

4. Tidak berlendir

Kualitas usus ayam pasti sudah buruk jika sampai ada lendir. Pastikan usus ayam yang dibeli (dalam keadaan matang) kesat dan tidak berair. Jika membelinya di supermarket, lihat tanggal kemasan, beli usus ayam yang dikemas di hari itu.

Itu dia cara memilih dan membeli usus ayam yang berkualitas di pasar. Semoga membantumu lebih teliti saat berbelanja, Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓