3 Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Buruk Berselingkuh

Mimi Rohmitriasih06 Des 2019, 14:45 WIB
Perselingkuhan

Fimela.com, Jakarta Selingkuh bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit. Orang yang pernah berselingkuh cenderung akan mengulangi kesalahannya. Tidak sedikit orang yang pernah berselingkuh akan terus menerus melakukan selingkuh.

Melasnir dari laman prevention.com, selingkuh merupakan penyakit yang sulit diobati atau dihentikan. Meski begitu, kebiasaan buruk selingkuh tetap akan terobati ketika seseorang benar-benar ingin berhenti dari kebiasaan selingkuh. Perlu usaha besar untuk mengatasi dan menghentikan kebiasaan selingkuh.

Berikut sedikitnya ada tiga cara untuk menghentikan kebiasaan selingkuh.

Cara Menghentikan Selingkuh

Selingkuh
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bersikap Terbuka ke Pasangan

Cara pertama untuk mengentikan selingkuh adalah dengan terbuka ke pasangan. Berlatihlah untuk menjadi pribadi jujur dan apa adanya pada pasangan. Ketika dirimu bisa terbuka dengan baik ke pasangan, risiko selingkuh bisa dikurangi. Katakan pada pasangan jika ada seseorang yang coba merusak hubunganmu dan pasangan. Minta pasangan untuk mencari solusi agar hubungan kalian baik-baik saja dan dirimu terhindar dari kesempatan berselingkuh.

Jujur dan Percaya ke Pasangan

Susan Winter, seorang ahli hubungan di Amerika Serikat mengungkapkan jika jujur dan percaya ke pasangan akan membuatmu lebih hati-hati dakam menjalin hubungan. Kejujuran dan kepercayaan ini akan mengingatkanmu pada komitmen yang telah dirimu buat bersama pasangan. Katakan ke pasangan jika dirimu tertarik dengan orang lain atau ada orang yang coba mendekatimu. Bersiaplah dengan segala konsekuensinya termasuk ketika pasangan memilih meninggalkanmu.

Cari Bantun Profesional

Ada banyak pakar hubungan dan asmara serta psikolog, bila dirimu merasa memerlukan bantuan mereka agar terbebas dari kebiasaan selingkuh maka lakukan. Ahli hubungan dan host podcast Dates and Mates, Damona Hoffman mengatakan, “Penting untuk memahami apa yang mendorong seseorang berselingkih. Jika dorongan ini ditemukan, ini bisa ditangani dengan baik dari akarnya oleh pakarnya. Tak perlu malu untuk konsultasi ke ahlinya agar bisa terbebas dari kebiasaan selingkuh.”

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar terbebas dari kebiasaan selingkuh. Mengingat perselingkuhan adalah penyebab utama dari hilangnya rasa percaya dalam hubungan dan bubarnya suatu hubungan, penting untuk menjauhi perselingkuhan ini dengan sebaik mungkin.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓