Ketahui 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Overthinking

Fimela Editor15 Des 2019, 14:00 WIB
kepribadian

Fimela.com, Jakarta Kontrol diri dari kegiatan berpikir yang berlebihan memang tidak mudah untuk dilakukan. Tapi, overthinking justru akan membuatmu merasa gelisah dan kurangnya rasa kepercayaan pada diri. Mungkin banyak dari kamu yang sudah berusaha melatih kontrol diri untuk mencegah overthinking dengan berbagai cara. Dilansir dari thoughtcatalog.com (9/12/2019) kamu perlu mengetahui 5 alasan berikut ini mengapa kamu harus berhenti menjadi orang yang pemikir.

1. Selalu berpikir

Kamu menghabiskan banyak waktu untuk berpikir, sehingga hal ini akan membuatmu merasa lelah. Hampir semua orang mungkin pernah merasakannya. Kamu bisa menjadi sosok yang asing bagi orang-orang disekitarmu, bahkan overthinking juga akan membuatmu kurang produktif.

2. Merasa lelah

Siapa yang bisa menyanggah bahwa berpikir berlebihan akan membuatmu merasa lelah dengan sendirinya? suatu saat ketika kamu mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi perlahan akan terasa menyakitkan. Bisa jadi itu hanya halusinasi semata, jadi cobalah untuk hentikan. 

Alasan harus berhenti overthinking

Ilustrasi Overthink
ilustrasi kepribadian anak pertama/Photo by John Rae Cayabyab from Pexels

3. Menghentikan dirimu menjadi diri sendiri

Kamu berhak menampilkan versi terbaikmu. Segala hal yang kita lakukan harus dimulai dari diri sendiri bukan orang lain, termasuk berpikir positif tentang dirimu sendiri bahwa kamu tidak harus seperti apa yang kamu lihat karena kamu sudah menjadi yang terbaik.

4. Kamu akan menjadi orang yang selalu mengatakan “iya”

Bisa menjadi orang yang dapat diandalkan memang baik, tapi tidak selalu mengatakan “iya” adalah hal baik. Kamu harus mempertimbangkan sesuatu jika kamu mengatakan “iya” hanya untuk orang lain, ini tidak berarti apapun. Lakukan segala sesuatu dengan mempertimbangkan dirimu, sehingga kamu juga bisa menjadi orang yang tegas dalam menentukan pilihan.

5. Kamu hidup untuk orang lain, bukan untuk dirimu sendiri

Hidup hanya sekali. Apakah kamu ingin menyia-nyiakannya hanya untuk menjadi apa yang orang lain inginkan? Akan menjadi lebih baik jika kamu memilih untuk membahagiakan dirimu serta mencintai dirimu sepenuhnya.

Berhenti overthinking juga menjadi salah satu cara mencintai diri sendiri loh, jangan terus menerus membuat dirimu larut dalam memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi.

*Iffah Nurahmah

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓