4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Menemui Pelecehan Seksual di Tempat Kerja

Annissa Wulan10 Des 2019, 20:00 WIB
perempuan bekerja

Fimela.com, Jakarta Jangan takut mengajukan keluhan ketika kamu mendapati ada atau mengalami pelecehan seksual di tempat kerja. Di tempat kerja seharusnya menjadi lingkungan yang bebas dari perilaku mengancam.

Dilansir dari yourstory.com, Selasa (10/12/2019), berikut ini adalah beberapa solusi terbaik yang bisa dilakukan ketika kamu mendapati atau mengalami pelecehan seksual di tempat kerja. Sudah pernah?

1. Melaporkannya ke polisi

Setiap tempat kerja harus bekerja sama dengan baik untuk menyelidiki keluhan yang berkaitan dengan pelecehan seksual. Ketika mengalami pelecehan seksual, setidaknya kamu harus melaporkannya dalam waktu tiga bulan sejak kejadian.

2. Kompensasi

Jika keluhanmu tentang pelecehan seksual di tempat kerja terbukti, kamu berhak menerima kompensasi dari hal tersebut. Jumlahnya kompensasi terkait pelecehan seksual di tempat kerja akan ditentukan berdasarkan beberapa faktor, seperti tekanan emosional yang dialami, kehilangan peluang profesional, dan status keuangan.

 

Privasi dan hukuman

perempuan stres bekerja
ilustrasi stres/copyright By weedezign (Shutterstock)

3. Privasi selama proses

Privasi korban dan pelaku pelecehan seksual di tempat kerja tetap harus dilindungi selama proses penyelidikan berlangsung, menurut undang- undang.

4. Hukuman bagi pelaku

Hukuman bagi pelaku pelecehan seksual di tempat kerja bisa beragam, seperti dipindah ke kantor lain, menahan kenaikan gaji atau promosi, atau mengurangi gaji untuk membayar kompensasi. Hukum dan tempat kerja seharusnya menjamin perlindungan bagi semua pekerja agar memiliki kehidupan bermartabat dan bebas dari segala bentuk pelecehan.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓