5 Trik Perbaiki Waktu Tidur Ketika Terasa Lelah

Vinsensia Dianawanti12 Des 2019, 19:30 WIB
Ilustrasi Tidur

Fimela.com, Jakarta Setidaknya diperlukan 7-8 jam sebagai waktu tidur harian. Selama waktu tidur tersebut, tubuh akan memperbaiki dirinya dari berbagai aspek. Namun ketika kamu sedang dihadapkan pada situasi dan tekanan yang berat akan mengurangi waktu tidurmu.

Kebiasaan waktu tidur yang berkurang akan berdampak pada gangguan tidur. Sehingga tubuhmu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan membuatnya stres. Seperti dilansir dari Purewow.com pada Kamis (12/12/2019), kamu bisa memperbaiki waktu tidurmu dengan beberapa cara berikut ini.

1. Memahami mekanisme untuk tidur

Jadwal tidur dipengaruhi oleh sistem internal pada tubuh. Yakni dorongan homeostatis untuk tidur atau dengan kata lain semakin lama tetap terjaga, semakin kamu tidak ingin tidur. Selain itu, ada juga dorongan sirkadian untuk tidur yang dipengaruhi oleh cahaya. Lebih banyak cahaya maka kamu lebih sedikit tidur. Kedua proses ini bertindak bersamaan untuk membuat keinginan tidur menjadi lebih tinggi ketika paparan cahaya berkurang.

2. Berhenti menatap layar sebelum tidur

Bermain ponsel sebelum tidur bukanlah hal baru. Namun cahaya biru pada layar akan membuat otak berpikir bahwa saat itu masih siang hari. Sehingga dapat mengacaukan ritme sirkadian. Jadi, jangan pernah menatap layar ketika hendak tidur.

 

3. Pergi ke tempat tidur sedikit lebih cepat setiap hari

Tidur
Ilustrasi tidur/copyright shutterstock

Setelah kamu terbiasa tidur dengan waktu yang tidak baik tiap malam, tak heran jika tubuh cukup lelah dan membuatnya tidur sebelum waktunya. Lakukan perubahan secara bertahap. Misalnya dengan pergi ke tempat tidur setiap harinya.

4. Menggunakan melatonin dalam dosis kecil

Konsultasikan ke dokter jika kamu tidak dapat mengatasi gangguan tidurmu. Salah satu yang akan diberikan oleh dokter adalah melatonin antara 0,5 hingga 1mg yang dapat dikonsumsi antara tiga hingga empat jam sebelum waktu tidur.

5. Gunakan cahaya biru saat bangun

Manfaatkan cahaya biru untuk menstimulus kondisi bangun pada tubuh. Orang yang mengalami masalah fase sirkadian, paparan cahaya biru justru dapat membantu bangun sehingga kamu benar-benar merasa lelah di waktu tidur. Setidaknya butuh 20 menit paparan cahaya biru setelah bangun untuk membuat tubuh benar-benar bangun.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓