8 Minyak Esensial yang Kaya Akan Manfaat

Fimela Editor13 Des 2019, 12:00 WIB
8 Minyak Esensial yang Kaya Akan Manfaat

Fimela.com, Jakarta Popularitas minyak esensial semakin meroket, terutama bagi mereka yang menyukai bahan perawatan tubuh alami. Dari menenangkan kulit yang kering hingga mengurangi tanda-tanda penuaan menjadi kekuatan magis dari produk perawatan kulit berbahan dasar minyak ini.

Dalam banyak kasus, ada alasan bagus untuk bersikap skeptis. "Jangan berasumsi bahwa semua minyak esensial akan membantu menangani masalah kulit," kata Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di New York City. Tetap gunakan minyak yang sudah terbukti benar dan telah diteliti secara klinis. Jika ragu, konsultasikan kepada dokter kulit sebelum menggunakannya.

Banyak minyak esensial telah terbukti bermanfaat bagi kulit, tetapi penting untuk mencairkannya dalam minyak argan atau minyak kelapa sehingga aman untuk diaplikasikan. Sebagai alternatif, gunakan produk yang telah dicampur untuk mengurangi risiko iritasi. Jangan lupa, kamu harus cermati tulisan yang tertera pada label produk.

"Gunakan campuran yang dibuat dengan minyak esensial 100 persen," kata Megan-Rose Talbot Kelly, Saje Natural Wellness. Berhati-hatilah dengan istilah yang terdengar asing.

Dilansir dari harpersbazaar.com, berikut minyak esensial yang paling efektif untuk masalah kulit berbagai macam masalah kulit yang direkomendasikan oleh para ahli khusus untuk kamu.

100% Organic Cold-Pressed Rose Hip Seed Oil

Terbuat dari benih mawar, minyak rosehip mengandung vitamin C dan vitamin A, yang dapat melindungi kulit wajah dari tanda-tanda penuaan. "Minyak ini sangat kaya akan asam lemak esensial yang dapat meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan dan meningkatkan hidrasi," kata Talbot Kelly. Tidak heran Kate Middleton menjadi penggemar essential oil ini.

Organic Lavender Oil

"Lavender adalah salah satu minyak esensial yang paling serbaguna," jelas Talbot Kelly. Aroma yang menenangkannya begitu merelaksasi kulit. Selain menjadi produk anti-bakteri yang dapat melawan jerawat, Organic Lavender Oil ini juga dikatakan dapat membantu menenangkan kram saat menstruasi.

Organic Frankincense Essential Oil

Minyak esensial yang satu ini ini bermanfaat sebagai anti-aging. "Essential oil ini dapat menutrisi kulit keringmu," jelas Talbot Kelly.

Tea Tree Oil

"Penelitian telah menunjukkan minyak pohon teh efektif untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang," kata Nazarian. "Secara alami anti-inflamasi dan anti-mikroba, mengurangi bakteri permukaan kulit, jamur, dan virus." Essential oil ini dapat membuat kulitmu menjadi kering, jadi produk berbahan dasar tea tree ini tidak direkomendasikan untuk kalian yang memiliki kulit kering.

 

Beragam minyak esensial dan khasiatnya

Minyak Esensial
Ilustrasi minyak esensial oil (Photo: Priscilla Du Preez/ Unsplash)

Squalane + Vitamin C Rose Oil

“Minyak dari bunga mawar kaya akan vitamin C dan E. Ini akan menjadi produk yang sangat melembapkan,” kata Talbot Kelly. Kamu bisa tambahkan beberapa tetes ke dalam body scrub atau lotion untuk tambahan nutrisi.

Peppermint Halo Cooling & Soothing Oil Blend

Minyak peppermint baik digunakan dalam dosis sangat kecil yang dapat membantu meringankan sakit kepala dan sakit otot.

Egyptian Chamomile Cold Pressed Extra Virgin Oil

Terkenal dengan efek penenangnya, chamomile juga kaya akan gizi. "Orang-orang biasanya meminumnya sebagai teh tetapi sangat bermanfaat ketika diaplikasikan pada kulit," kata Talbot Kelly.

Pa + G Papaya-Geranium Hyperpigmentation Facial Serum Concentrate

Minyak biji pepaya yang dikelupas secara alami membantu memudarkan bintik-bintik hitam dan meratakan warna kulit sehingga kulit tampak lebih cerah.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

 

#GrowfearlesswithFimela

Lanjutkan Membaca ↓