3 Tips Mudah agar Ceker Empuk tanpa Dipresto

Endah Wijayanti13 Des 2019, 10:46 WIB
Ceker

Fimela.com, Jakarta Untuk membuat atau mengolah ceker agar empuk, cara termudahnya memang dengan menggunakan panci presto. Dengan panci presto, kita bisa menghasilkan ceker yang empuk dengan cara mudah. Namun, bagaimana jika tidak punya panci presto?

Tenang saja ada beberapa cara mudah yang bisa dicoba untuk membuat ceker yang empuk. Selengkapnya langsung saja simak infonya di sini, ya.

1. Rebus Dua Kali

Ceker yang sudah dibersihkan dan dibuang kukunya, bisa langsung direbus. Rebus air hingga mendidih. Kemudian, masukkan ceker (bisa ditambahkan jahe, serai, dan garam untuk menghilangkan bau amisnya). Rebus selama sekitar 20 menit. Setelah itu, kita bisa menambahkan air lagi sampai ceker terendam. Tambahkan bumbu-bumbu lain yang diperlukan. Lalu rebus hingga air menyusut, biasanya butuh waktu sekitar 15 menit.

 

2. Digoreng Lalu Direndam

Ceker Pedas
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Bagi yang ingin membuat stok ceker, cara yang satu ini bisa dicoba. Mungkin prosesnya agak ribet tapi hasilnya bisa benar-benar empuk. Jadi, setelah ceker dibersihkan dan dibuang kukunya, goreng sampai kekuningan. Sembari menggoreng, siapkan baskom berisi air. Begitu ceker ayam selesai digoreng, rendam ke dalam air. Diamkan beberapa saat, lalu rebus selama sekitar sepuluh menit. Matikan api, diamkan dalam panci tertuup hingga dingin. Ceker pun siap dijadikan stok dengan disipman di dalam kulkas atau diolah lebih lanjut dengan aneka bumbu untuk membuat ceker pedas atau ceker mercon.

3. Rebus dengan Bumbu Sampai Air Menyusut

Ceker yang sudah dibersihkan, direbus selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, tumis bumbu halus sesuai keinginan sampai harum dengan sedikit minyak. Kemudian masukkan ceker dan air rebusan ke dalam wajan. Tambahkan bumbu lain yang diperlukan. Rebus sampai air menyusut, lalu angkat dan tiriskan. Ceker biasanya akan empuk dengan cara ini.

Sekarang sudah tahu cara dan tipsnya. Saatnya untuk langsung mencobanya. Tetap semangat memasak, ya!

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓