Tips Membuat Cilok yang Tetap Empuk meski Sudah Dingin

Endah Wijayanti13 Des 2019, 14:15 WIB
cilok

Fimela.com, Jakarta Membuat cilok sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Cuma kadang karena proses pembuatannya yang kurang tepat, cilok yang sudah dingin jadi alot dan keras padahal ketika hangat masih empuk. Bagaimana cara membuat cilok yang tahan empuk?

Ada tips mudah yang bisa diikuti untuk membuat cilok yang tetap empuk meski sudah dingin. Selengkapnya, langsung saja simak di sini, ya.

1. Takaran Tepung Terigu dan Tepung Tapioka Harus Pas

Tambahkan tepung terigu pada adonan yang dibuat. Untuk 7 sdm tepung tapioka, kita bisa menambahkan 10 sdm tepung terigu. Kedua bahan tepung dicampur dan tambahkan bumbu-bumbu seperti lada, garam, dan kaldu bubuk. Bisa juga dengan menambahkan irisan daun bawang. Uleni dengan menambahkan air panas sedikit demi sedikit. Setelah adonan kalis, segera bentuk bulat-bulat. Didihkan air, lalu masukkan cilok, setelah mengambang, biarkan beberapa saat terlebih dahulu, baru diangkat.

 

2. Cilok yang Sudah Direbus, Dikukus

resep cilok
Cilok./Copyright shutterstock.com

Proses pembuatannya bisa dilakukan dua tahap untuk memastikan mendapat cilok yang awet empuknya. Sebenarnya cilok lembut bisa dihasilkan dengan cara direbus saja. Namun, jika ingin hasilnya lebih empuk dan lembut, cilok bisa dikukus sekitar 10 menit. Dengan cara ini, cilok bisa tahan empuk lebih lama.

3. Tambahkan Telur

Kita bisa menambahkan telur untuk mendapatkan hasil cilok yang lembut. Didihkan air dengan bumbu, lalu masukkan tepung terigu dan aduk cepat. Kemudian pindahkan ke dalam wadah, setelah tepung tidak terlalu panas, masukkan telur lalu uleni hingga kalis. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Lalu, bentuk bulat-bulat, didihkan air dan masak hingga cilok mengambang.

Semoga tipsnya bermanfaat. Selamat mencoba membuat cilok yang enak dan lembut.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓