Tips Menggoreng Ati Ampela Agar Minyaknya Tidak Meletus

Mimi Rohmitriasih14 Des 2019, 10:15 WIB
Diperbarui 14 Des 2019, 10:15 WIB
ati goreng

Fimela.com, Jakarta Sama seperti ikan dan ayam, ati ampela menjadi bahan makanan yang sering membuat minyak goreng meletus atau meletup-letup saat proses penggorengan. Karena minyak goreng sering meletus, banyak orang yang malas untuk menggoreng ati dan ampela. Padahal nih ya, ati dan ampela menjadi salah satu masakan super lezat saat dimasak dengan cara digoreng.

Agar minyak goreng untuk menggoreng ati ampela tidak meletus saat proses penggorengan, ada beberapa tips menggoreng ati ampela yang harus kita perhatikan Sahabat Fimela. Kali ini Fimela punya tips agar ati ampela tidak membuat minyak goreng meletus.

Tips Menggoreng Ati Ampela

Hati ampela
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Timolina
  1. Sebelum diolah, cuci bersih ati dan ampela dengan air mengalir. Lumurkan air perasan jeruk nipis agar ati ampela tidak terlalu amis.
  2. Campur ati ampela dengan bumbu dan diamkan kira-kira selama 15 menit agar bumbu meresap.
  3. Tusuk-tusuk ati ampela yang hendak digoreng dengan lidi atau tusuk gigi sampai tembus. Menusuk-nusuk ati dan ampela ini bertujuan agar ati ampela tidak meletus saat digoreng karena memiliki rongga cukup untuk minyak goreng.
  4. Taburkan tepung terigu kering ke dalam minyak panas yang hendak digunakan untuk menggoreng ati ampela.
  5. Jika minyak dan tepung sudah panas, masukkan ati ampela ke dalam wajan penggorengan. Goreng ati ampela dengan api sedang saja agar tidak mudah gosong dan minyak meletus. Balik ati ampela saat permukaan bawahnya sudah kering.
  6. Jika dirimu tak ingin sisa minyak bekas menggoreng ati dan ampela terlalu banyak, gunakan sedikit minyak saja untuk menggoreng ati ampela. Ati dan ampela mengandung lemak cukup banyak yang bisa membuat minyak di wajan bertambah banyak.

Itulah tips menggoreng ati ampela agar minyak untuk menggoreng tidak meletus. Semoga tips menggoreng atau tips dapur ini bermanfaat. Selamat mencoba.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓