Cegah Gagal Ginjal Sederhana dengan Tidak Menahan Haus

Anisha Saktian Putri14 Des 2019, 12:00 WIB
Penyakit Ginjal (Africa Studio/Shutterstock)

Fimela.com, Jakarta Dalam video unggahan di akun Instagram, penyanyi Vidi Aldiano memohon doa untuk kelancaran operasi kanker ginjal yang dilaksanakan, Jumat (13/12), di rumah sakit Singapura.

Vidi pun mengungkapkan jika dirinya berkonsultasi ke dokter di Singapura untuk memantau perkembangan kesehatan.Setelah berkonsultasi, Vidi pun mengambil keputusan untuk menjalani operasi pengangkatan kanker di ginjal kirinya.

Sebenarnya, kanker ginjal bisa dicegah dari hal yang termudah yaitu tidak boleh menahan haus. Menurut dr. Okki Ramadian Sp.PD dari Klinik Hemodialisa RenalTeam, jika terjadi dehidrasi berulang karena kurang air putih, maka seseorang bisa mengalami gagal ginjal akut.

"Ketika ginjal gagal dalam menjalani fungsinya , maka kondisi ini disebut gagal ginjal," ujarnya saat ditemui beberapa waktu di Klinik Hemodialisa RenalTeam.

Agar tidak terjadi gagal ginjal kronis, sebaiknya menurut dr. Okki segera diobati. Agar tidak menimbulkan berbagai komplikasi. Dalam kondisi ini biasanya belum terlihat gejala sehingga sering tidak disadari oleh pasien.

"Biasanya gejalnya merasa haus banget. Tapi kalau akut tidak terlihat gejalanya,'' ujarnya

Pencegahan gagal ginjal lainnya

Kanker Ginjal/Unsplash Robina
Kanker Ginjal/Unsplash Robina

dr. Aida Lydia, PhD., Sp.PD-KGH, Ketua Umum PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI) mengungkapkan, pencegahan PGK dapat dilakukan melalui pencegahan primer dan sekunder. Pencegahan primer yaitu program skrining yang bertujuan untuk mendeteksi masyarakat yang berisiko terkena penyakit ginjal.

Sedangkan pencegahan sekunder dimaksudkan untuk mencegah para penderita PGK mengalami penurunan fungsi ginjal yang lebih berat lagi, sehingga dapat mengurangi jumlah pasien yang harus menjalani terapi pengganti ginjal.

"Penatalaksanaan penyakit ginjal yang ideal hendaknya bersifat terintegrasi mulai dari promotif preventif, diagnosis, terapi dini, penatalaksanaan gagal ginjal dengan terapi pengganti ginjal, sampai ke rehabilitasi, dan terapi paliatif. Namun yang paling penting adalah mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif memerangi bahaya penyakit ginjal," paparnya.

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓