Tak Perlu Menghukum Diri Sendiri atas Target yang Belum Tercapai Tahun Ini

Endah Wijayanti21 Des 2019, 14:45 WIB
menyambut tahun baru

Fimela.com, Jakarta Sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru. Ada harapan-harapan baru yang siap kita rangkai. Impian dan target baru pun sudah mulai kita rencanakan. Namun, memang tak bisa dipungkiri bahwa tahun ini ada beberapa hal yang meleset. Ada target yang belum tercapai tahun ini.

Rasa menyesal dan bersalah mungkin menghantui kita karena ada hal yang terjadi di luar harapan kita. Semestinya tahun ini menjadi tahun yang luar biasa. Apa daya jika pada kenyataannya tahun ini kita masih saja bersedih dan mengalami duka. Tak pernah kita sangka bahwa tahun ini ada hal-hal yang cukup berat menghampiri hidup kita.

Saat ini coba ambil jeda sejenak. Cobalah unutk beristirahat dulu. Untuk target-target yang belum tercapai tahun ini, relakanlah. Untuk impian yang belum terwujud tahun ini, ikhlaskanlah. Izinkan dirimu bersedih sebentar. Menangis pun tak apa asalkan setelah itu kita bisa memutuskan untuk kembali bangkit dan berjalan lagi.

 

What do you need in the New Year? You need a dream; your dream needs an action; and your action needs right thinking! Without right thinking, you can have only unrealised dreams! ― Mehmet Murat ildan

body shaming
ilustrasi./copyright By Asier Romero from Shutterstock

Pasti ada pelajaran dari hal-hal yang terjadi sepanjang tahun ini. Ada banyak hal yang bisa kita petik hikmahnya. Ada kesalahan-kesalahan yang kita tahu takkan pernah kita ulangi lagi. Terima realita yang ada. Rasakan semua sedih dan pahitnya. Walaupun begitu, tetaplah ingat bahwa bahagia itu tetap ada.

How we handle what’s ahead of us will be determined by what we learned from everything that’s behind us. For if we learned nothing, what’s behind us will be the exact same thing that’s in front of us. ― Craig D. Lounsbrough

Minum kopi
Ilustrasi perempuan minum/copyright shutterstock

Semoga pada tahun yang baru, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Lebih tegar dan kuat lagi menghadapi berbagai masalah yang ada. Setidaknya kita tak akan lagi mengulang kesalahan yang sebelumnya.

Relakan yang belum tercapai tahun ini. Rangkai kembali rencana yang lebih baik untuk tahun mendatang. Yakinkan diri bahwa kita sudah melakukan yang terbaik untuk diri kita dan kita pun berhak bahagia. Tetaplah melangkah dengan versi dirmu yang lebih tegar. Bersiaplah untuk melakukan lebih banyak aksi nyata untuk mewujudkan target dan impian baru yang lebih bersinar.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓