Tips Mengatasi Stres Akibat Banyak Makan Selama Libur Akhir Tahun

Annissa Wulan22 Des 2019, 15:00 WIB
Ilustrasi makan

Fimela.com, Jakarta Sebenarnya stres yang berkaitan dengan makanan di musim libur akhir tahun adalah hal yang umum. Keluarga atau orang terdekatmu akan menyuruhmu makan lebih banyak daripada biasanya, membuatmu tidak lagi bisa mengontrol berat badan, benar?

Libur akhir tahun adalah saat-saat di mana kamu tidak memiliki aturan ketat lagi terkait makan. Namun, jangan khawatir, dilansir dari self.com, Kamis (26/12/2019), berikut ini adalah beberapa tips mengatasi stres karena terlalu banyak makan selama libur akhir tahun. Penasaran?

1. Ingatlah bahwa rasa lapar karena emosional itu wajar dan nyata

Selama masa libur akhir tahun, mungkin akan menghadapi banyak tekanan untuk membatasi makan, tanpa banyak memikirkan tentang perasaanmu yang sebenarnya, baik secara emosional, maupun yang diinginkan oleh tubuh sendiri. Belajarlah untuk mengindentifikasi seperti apa rasa lapar, kenyang, dan puas yang sebenarnya untuk membantumu mengatasi stres.

2 Menetapkan batasan dengan orang lain

Kamu harus tahu kapan harus bilang iya, tidak, atau tidak apa-apa. Ya, orang-orang di sekitarmu mungkin melakukannya karena rasa cinta dan kamu sangat memahami hal ini, sehingga berikan respon yang lembut, namun bisa membuat mereka mengerti.

Konsep yang sama berlaku jika kamu menghadapi percakapan yang tidak diinginkan tentang kebiasaan makan atau berat badan. Kamu bisa menetapkan batasanmu sendiri mulai dari mengarahkan percakapan agar tidak stres sendiri.

 

3. Puasa agar kamu bisa makan lebih banyak adalah jebakan

Ilustrasi makan
Ilustrasi makan. Sumber foto: pixabay.com/Conger Design.

Makan lebih sedikit di siang hari agar kamu bisa makan lebih banyak di malam hari bukan sesuatu yang akan berjalan baik. Ketika kamu membatasi sesuatu, kamu akan mengatasi rasa bersalah yang ada dengan berolahraga lebih sering dari biasanya, makan salad, atau langsung stres, siklus yang sangat tidak menyenangkan untuk diikuti.

4. Berhati-hatilah dengan semua pesan yang kamu dapat selama liburan

Aturan dan semua pesan terkait makanan yang kamu terima sepanjang tahun sebenarnya memiliki dampak terhadap hubunganmu dengan makanan itu sendiri. Jangan langsung menyerap semuanya, cerna terlebih dahulu, dan pilih informasi yang benar-benar sesuai denganmu.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓