Tanpa Disadari, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mendinginkan Makanan

Nabila Mecadinisa29 Des 2019, 16:00 WIB
Ilustrasi kulkas

Fimela.com, Jakarta Lemari pendingin jadi solusi praktis dan efisien untuk jadikan bahan makanan lebih segar dan juga membuatnya tahan lama. Apalagi bagi banyak orang sibuk dengan waktu terbatas. Memasak sejumlah makanan dan mendinginkan dalam lemari pendingin untuk disantap dalam beberapa hari ke depan adalah solusi yang menjanjikan.

Tapi faktanya, proses menyimpan makanan dalam lemari pendingin tidak selamanya baik. Seringkali justru membuat kandungan nutrisinya jadi rusak dan makanan tersebut kehilangan vitamin serta mineral di dalamnya. Lalu, kesalahan apa saja yang sering terjadi saat mendinginkan makanan?

1. Mendinginkan makanan yang salah

Seperti yang dilansir dari Self.com, Mary Liz Wright, M.S., yang merupakan seorang food safety expert dan seorang nutrisionist mengatakan bahwa hampir seluruh makanan sebenarnya bisa disimpan dalam lemari pendingin. Beberapa sayuran yang lembut seperti selada, kol, seledri, mentimun, peterseli, dan lobak, cenderung menjadi layu dan berair sehingga rasa dan teksturnya akan berubah. Sedangkan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lobak swiss benar-benar mampu beku dengan baik. Selain itu, kentang panggang atau rebus justru akan menjadi lunak, rapuh, dan basah saat didinginkan.

2. Tidak mendinginkan secara tepat

Proses mendinginkan makanan juga dipengaruhi oleh waktu. Di saat makanan terlalu cepat didingnkan, maka kerusakan juga akan lebih sedikit. Rasa dan tekstur biasanya tidak berubah terlalu banyak. Tapi disaat makanan terlalu lama didinginkan, maka proses defrost akan merusak makanan tersebut. 

Proses mendinginkan makanan yang salah

Ilustrasi kulkas pintar
Proses mendinginkan makanan yang salah (Foto: shutterstock.com By Stokkete)

3. Langsung mendinginkan makanan panas

Menyimpan makanan panas ke dalam freezer justru akan merusak makanan tersebut. Hal ini dikarenakan perubahan suhu yang drastis yang akan membuat makanan jadi terasa berbeda daan juga penumpukan es yang cepat terjadi pada makanan tersebut.

4. Terlalu banyak menyimpan container di dalam kulkas

Terlalu banyak menyimpan container di dalam kulkas justru hanya akan menjadikan proses mendinginkan makanan jadi tak optimal. Pastikan untuk menyisakan ruang pada kulkas agar penyebaran suhu dingin lebih sempurna.

5. Mencuci sejumlah buah dan makanan sebelum menyimpan dalam kulkas

Beberapa jenis buah memiliki kulit yang lembut sehingga tak seharusnya dicuci terlebih dahulu. Mencuci buah berry, atau jenis buah lain dengan tekstur lunak dan memiliki kulit kering justru akan mempercepat buah tersebut menjadi busuk.

 

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓