5 Tips Tetap Hemat Saat Pergi Liburan

Fimela Editor27 Des 2019, 07:30 WIB
Ilustrasi traveling

Fimela.com, Jakarta Liburan mungkin merupakan waktu yang paling indah tahun ini, tetapi antara daftar hadiah, acara khusus, pesta, dan biaya perjalanan, maka liburan dapat menjadi pengeluaran bertambah cukup besar. Apakah kamu memimpikan makanan buatan keluarga atau melarikan diri ke tujuan yang eksotis?

kenyataannya bagi kebanyakan dari kita, harga tiket pesawat dan hotel yang melambung tinggi dapat meredam keuangan pada rencana perjalanan liburan. Bahkan, survei terbaru oleh Union Bank menemukan bahwa hampir setengah milenial mengklaim uang, dengan alasan mereka tidak akan pulang untuk natal tahun ini. Melansir dari popsugar.com, untuk menjaga aspirasi perjalanan liburan kamu tanpa melompati anggaran akhir tahun, maka sejumlah cara bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaraan saat liburan.

Cari Paket Pembayaran Tiket Pesawat

Sebagian besar dari anggaran perjalanan kamu biasanya akan digunakan untuk biaya penerbangan, tetapi jika kamu dapat menyebarkannya dari waktu ke waktu, harga tiket tidak akan terasa berlebihan. Cari paket pembayaran yang memungkinkan kamu membayar seiring waktu sehingga tidak harus menghabiskan jumlah besar di muka.

Misalnya, biro perjalanan CheapAir.com menawarkan opsi pembayaran "Terbang Sekarang, Bayar Kemudian" yang memungkinkan kamu membayar dengan mencicil selama tiga, enam, atau 12 bulan. "Hal ini adalah alternatif yang bagus jika kamu ingin menunda beberapa biaya perjalanan yang lebih besar selama beberapa bulan," ujar Jeff Klee, CEO CheapAir. "Ini dapat membantu meringankan stres ketika orang lebih suka menggunakan uang tunai ekstra mereka untuk perayaan dan pemberian hadiah!" tambahnya.

Coba Layanan Homesitting

Membayar hotel selama musim liburan puncak juga dapat mengurangi anggaran perjalanan kamu. Itu sebabnya layanan homesitting yang terverifikasi dapat memberikan situasi yang saling menguntungkan bagi pemilik rumah dan wisatawan dengan uang yang jauh lebih sedikit.

Angela Laws, Manajer Komunitas di TrustedHousesitters, menjelaskan bagaimana platform ini dapat memberi manfaat bagi para pelancong dan mengapa itu aman untuk digunakan. "Menemukan perawatan hewan peliharaan terbaik selama musim liburan yang sibuk bisa sangat menegangkan dan mahal, dan TrustedHousesitters menawarkan cara yang terjangkau untuk menjaga hewan peliharaan mereka agar lebih aman dan bahagia di rumah. Anggota platform ini telah saling membantu menghemat setengah miliar dolar dalam perawatan hewan peliharaan dan akomodasi. Sejauh ini, dengan ribuan pengasuh yang ditinjau dan diverifikasi, jaminan yang didukung oleh asuransi senilai $ 1 juta (USD), dan akses 24/7 untuk dukungan dan keahlian dokter hewan, pemilik dapat terhubung dan berbagi dengan penuh keyakinan, memastikan ketenangan pikiran dan hewan peliharaan mereka pun merasa bahagia." jelasnya.

Cara menjadikan perjalanan traveling lebih hemat

Ilustrasi liburan
Tips jadikan perjalnan liburan lebih hemat (pixabay.com)

Kirim Hadiah Langsung ke Tujuan 

Kita semua tahu bahwa membawa barang bawaan dapat menghemat $ 50 hingga ratusan dolar untuk biaya bagasi, tetapi di mana kamu akan meletakkan semua hadiah itu? Marco Del Rosario, COO dari VacationRenter.com, merekomendasikan pengiriman hadiah langsung ke tujuan, terutama jika kamu membelinya secara online. "Jangan buang uang kamu dengan memeriksa hadiah-hadiah ini di tas Anda atau menyeretnya ke seluruh bandara sebagai barang bawaan kamu. Alih-alih, kirimkan kado kamu langsung ke tempat tujuan.” ujar Marco.

Manfaatkan Kode Referensi Nathan Hamilton, pakar keuangan pribadi di The Ascent, sebuah merek Motley Fool, mendorong para pelancong untuk mendapatkan kredit kode rujukan serta melakukan penurunan ganda bila memungkinkan. Jika kamu mengunjungi kota baru, periksa untuk melihat apakah ia memiliki aplikasi berbagi pakai yang belum pernah kamu gunakan sebelumnya sehingga kamu dapat membuka diskon pengguna pertama kali. Terhubung dengan keluarga dan teman kamu yang berencana bepergian untuk liburan, dan cari tahu apakah mereka belum menggunakan beberapa aplikasi perjalanan favorit kamu sehingga kamu bisa merujuknya. Kredit akan mulai masuk dan menguntungkan semua orang yang terlibat.

"Jika kamu bepergian dengan pasangan, kamu dapat melipatgandakan kode rujukan dengan merujuk satu sama lain, karena rujukan biasanya mendapatkan kredit," kata Hamilton. "Kamu juga dapat mengumpulkan kredit untuk aplikasi akomodasi dan perjalanan yang sudah kamu gunakan dengan mengirimkan tautan referensimu ke teman dan keluarga. Lagi pula, mereka juga akan bepergian untuk liburan." jelasnya.

Gunakan Kartu Kredit untuk Penawaran Khusus

Jeff Guaracino, presiden dan CEO Visit Philadelphia, merekomendasikan untuk menelepon perusahaan kartu kredit kamu sebelum membuat rencana perjalanan untuk mencari tahu apakah kamu memiliki manfaat tersembunyi yang belum kamu gunakan. "Misalnya, jika perusahaan kartu kredit menawarkan asuransi perjalanan dan kamu terjebak dalam penundaan perjalanan, perusahaan kartu kredit mungkin dapat mengambil sebagian biaya yang kamu keluarkan karena keterlambatan tersebut," kata Guaracino. "Juga, beberapa kartu kredit menawarkan kamu akses ke ruang tunggu bandara yang tidak hanya menawarkan tempat yang nyaman untuk menunggu tanpa kerumunan, tetapi juga botol air, makanan, dan majalah gratis alih-alih kamu harus melakukan pembelian di stand. Semua dari pengeluaran ini benar-benar dapat bertambah saat kamu sedang bepergian." jelasnya.

Itulah tips-tips untuk kamu yang ingin tetap berhemat saat ingin bepergian di musim liburan ini.

(Teks: Rafinda Eki)

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓