Tips Memilih dan Membeli Asam Jawa yang Baik dan Berkualitas

Febi Anindya Kirana27 Des 2019, 16:40 WIB
asam jawa

Fimela.com, Jakarta Dalam beberapa resep masakan Indonesia mungkin kamu akan menemui asam jawa sebagai salah satu bumbu pelengkapnya. Aasam jawa memang terkadang memegang peran penting dalam masakan seperti misalnya menghilangkan bau amis atau memberi rasa asam segar pada sayur berkuah.

Tapi bagaimana caranya memilih dan membeli asam jawa yang berkualitas baik? Perhatikan tips ini.

1. Beli yang berbiji

Daripada membeli yang sudah dibuang bijinya, lebih baik pilih dan beli yang masih berbiji karena umumnya asam yang seperti ini lebih awet dan lebih terasa kuat.

2. Beli yang sudah dikupas

asam jawa
asam jawa/copyright: needpix/petr kratochvil

Jangan membeli asam jawa yang masih berkulit untuk menghindari risiko busuk dan berjamur bagian dalamnya. Beli asam jawa yang sudah dikupas sehingga tahu bentuk buahnya cokelat segar dan basah atau tidak.

3. Bungkus plastik kedap udara

Pilih asam jawa yang dikemas dalam kondisi kedap udara. Kontak dengan terlalu banyak udara akan memudahkan asam berjamur, busuk atau bahkan ditumbuhi ulat. Jadi apstikan pembungkusnya bersih dan rapat.

4. Beli dalam porsi kecil

Ini penting diperhatikan, karena penggunaan asam jawa tidak sesering bawang putih atau bawang merah, lebih baik beli secukupnya saja. Beli dalam jumlah banyak dan disimpan terlalu lama hanya akan mengurangi aromanya yang segar.

Itu dia sekian tips yang bisa diterapkan jika ingin memilih dan membeli asam jawa.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓