8 Hal yang Dapat Kamu Lakukan untuk Mengatasi Stres Saat Liburan

Fimela Editor01 Jan 2020, 15:00 WIB
[Fimela] Ilustrasi Liburan

Fimela.com, Jakarta Antara menghadiri pesta liburan, berbelanja hadiah, bepergian, dan menghadapi tekanan keluarga, waktu paling indah tahun ini sebenarnya bisa menjadi bulan yang sulit dan menimbulkan kecemasan bagi banyak orang. Faktanya, 62% orang mengatakan liburan itu "sangat" atau agak membuat stres untuk mereka, menurut survei Healthline 2015.

Melansir dari huffpost.com, berikut beberapa terapis membagikan saran yang mereka berikan kepada siapa pun yang merasa kewalahan dengan semua masalah dalam liburan dan hal-hal sederhana apa yang bisa mereka coba untuk membuat liburan ini lebih menyenangkan.

Pertama, tetapkan prioritasmu

Saat kamu terkubur di bawah tekanan liburan, pesta-pesta, kegiatan meriah, dan tradisi lain yang sedang dinantikan dapat membuat kamu cemas dan takut. Luangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi kegiatan apa yang harus kamu lakukan.

“Misalnya, 'Saya harus membawa anak-anak saya untuk melihat lampu liburan,' atau 'Saya harus membuat kue buatan sendiri untuk para tetangga,'” ujar Zainab Delawalla, seorang psikolog klinis di Decatur, Georgia.

Lalu gantilah "keharusan" dengan "keinginan". Seperti, saya ingin menonton film liburan dan minum cokelat panas bersama anak-anak. Dengan ini kamu akan jauh lebih mudah menemukan motivasi untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan daripada hal-hal yang harus dilakukan.

Minta bantuan tugas-tugas sulit pada daftar tugas yang kamu buat

Ilustrasi stres
Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Kevin Grieve.

"Beberapa tugas liburan yang umum dapat memicu atau membuat stres," kata terapis yang berbasis di Chicago, Anna Poss. "Dekorasi pohon Natal untuk pertama kalinya setelah kehilangan orang yang dicintai, berbelanja hadiah di toko-toko jika kamu memiliki kecemasan sosial atau menghadiri acara liburan yang ramai ketika mengalami PTSD adalah hal yang sering saya diskusikan dengan klien," jelasnya.

Menurut Anna Poss, kamu dapat membuat kegiatan ini lebih mudah dikelola dengan meminta pasangan, teman dekat atau anggota keluarga untuk bergabung bersama. Kehadiran mereka dapat membuat kamu merasa lebih nyaman dan didukung.

Berhenti sejenak bermain media sosial

Saat kamu stres atau cemas, membuka instagram tanpa berpikir dapat memberikan pengalih perhatian dari apa yang kamu alami. Tetapi jika terlalu sering, media sosial dapat membuat kamu merasa lebih buruk dan tidak lebih baik. Apalagi saat kamu mulai membanding-bandingkan diri.

"Foto-foto temanmu yang dipoles, diisi dengan kesempurnaan dan ceria liburan benar-benar dapat membuat kamu jadi membanding-bandingkan diri dan merasa iri," kata Nicole O-Pries, seorang terapis di Virginia Affirming Counseling di Richmond, Virginia. Lebih baik kamu mengurangi penggunaan ponsel atau hapus saja aplikasi media sosialmu untuk sementara waktu.

Dengarkan playlist liburan yang santai

Upbeat bop seperti All I Want for Christmas Is You dari Mariah Carey atau Wonderful Christmas Time dari Paul McCartney mungkin tidak menyentuh titik ketika kamu merasa sangat lelah. Alih-alih, buat daftar putar lagu-lagu liburan meriah tapi dingin yang bisa kamu dengarkan ketika sedang mellow.

“Musik membantu kita untuk fokus dan dapat memiliki dampak luar biasa pada suasana hati kita,” ujar Anna Poss. Jika kamu perlu istirahat sejenak dari musik liburan, buat daftar putar yang menenangkan dengan beberapa lagu non-meriah favorit kamu atau dengarkan suara alam.

Ingatlah untuk mengambil napas dalam-dalam

[Fimela] Napas Segar
Ilustrasi Napas segar | unsplash.com/@enka80

Perhatikan pola pernapasan Anda saat merasa cemas atau kewalahan. Alih-alih lambat dan dalam, napasmu mungkin cepat dan dangkal, yang hanya melanggengkan siklus stres dalam tubuh.

"Ini terdengar terlalu sederhana, tetapi menemukan cara untuk fokus pada napasmu adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk mengatasi stres pada saat itu," ujar O-Pries. Jika kamu mengalami kesulitan mengatur napas, menggunakan alat bantu visual seperti Calm Breath Bubble atau mencoba teknik Square Breathing yang dapat membantu.

Jalan-jalan

Pergi sebentar keluar untuk mendapatkan udara segar dengan dosis yang sehat bisa membuat keajaiban. Berjalan-jalanlah di sekitar blok sendiri atau undang kerabat yang bisa istirahat untuk bergabung dengan kamu.

"Bagi banyak orang, menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dapat mengisi pikiran dan tubuh kita dengan kecemasan," ujar O-Pries. "Daripada hanya menghisapnya sampai acara selesai, pertimbangkan apa yang dapat kamu lakukan saat ini untuk merasa lebih baik," jelasnya.

Cobalah beberapa grounding exercise yang sederhana

Ketika kamu terjebak dalam lingkaran kecemasan, teknik-teknik grounding exercise dapat menenangkan tubuhmu. Kamu dapat mengadaptasi beberapa latihan dasar yang sesuai dengan musim liburan.

"Misalnya, hitung berapa banyak jenis dekorasi atau lampu yang kamu lihat saat berjalan ke kantor," ujar Anna Poss. “Sebutkan sebanyak mungkin film liburan tanpa henti. Tarik napas dalam-dalam sambil menikmati aroma lilin,” tambahnya.

Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Bagi banyak orang, musim liburan berarti menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga yang mungkin jarang mereka temui. Meskipun ini bisa menjadi kesempatan luar biasa untuk terhubung dengan orang-orang terkasih, ini juga dapat menyulitkan kamu menemukan waktu untuk menyendiri.

"Bahkan ketika kamu menikmati kebersamaan di musim liburan, ingatlah bahwa sama pentingnya untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri," ujar Delawalla. Kamu bisa bermeditasi sebelum semua orang bangun atau pergi ke kelas latihan. Katakan tidak untuk beberapa undungan, dengan ini kamu bisa menghemat energi.

Nah, itulah beberapa tips khusus untuk kamu yang ingin mengatasi stres saat sedang liburan. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓