Tips agar Bumbu Semur Lebih Sedap dan Meresap

Febi Anindya Kirana04 Jan 2020, 16:04 WIB
resep semur daging betawi

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak menu semur, salah satu hal yang sering dikeluhkan banyak orang adalah bumbu yang kurang meresap ke dalam bahan makanan dan bumbu yang kurang terasa sedap. Jika bisa mengolah dengan tepat, masakan semur, mau itu semur daging atau bahkan semur tahu, sebenarnya bisa memiliki cita rasa yang enak dan sedap. Ini dia cara agar bumbu semur lebih sedap dan meresap.

1. Potongan yang tidak terlalu besar

Mau menggunakan daging, kentang ataupun tahu, pastikan potongan bahan makanan yang digunakan untuk semur tidak terlalu besar. Ketika dipotong lebih tipis, maka bumbu akan lebih mudah meresap dan mempercepat kematangan makanan. Potongan yang tidak terlalu tebal juga menjamin hasil semur yang lebih empuk.

2. Bumbu halus dan geprek

Semur tahu
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Gatot Adri

Ketahui bahwa ada dua jenis bumbu yang dibutuhkan ketika membuat semur, yaitu bumbu halus dan geprek. Daripada menghaluskannya dengan blender, mengulek bumbu halus akan terasa lebih sedap, apalagi jika ditumis dulu hingga matang.

Bumbu dasar halus yang harus ada adalah bawang putih, bawang merah dan kemiri. Pastikan juga menambahkan bumbu geprek seperti lengkuas, jahe, dan serai karena tiga komponen ini yang membuat semur kaya rasa dan lebih sedap. Akan lebih baik pula jika kuah semur tidak terlalu encer, kuah semur yang kental akan terasa lebih berbumbu.

Itu dia dua tips agar masakan semur terasa lebih sedap dan bumbunya meresap. Pastikan mengikuti keduanya dan masakan semur pasti tak akan terasa gagal.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓