3 Langkah Membuat Sambal Terasi yang Tahan Lama untuk Stok

Endah Wijayanti09 Jan 2020, 09:15 WIB
sambal terasi tahan lama

ringkasan

  • Cabai, Bawang, dan Tomat Digoreng Hingga Layu
  • Diulek sampai Cukup Halus
  • Tumis dengan Api Kecil
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ingin makan setiap hari dengan sambal terasi tapi nggak mau repot memasaknya setiap hari? Coba bikin dalam jumlah banyak sekalian untuk stok. Untuk membuat sambal terasi yang tahan lama pun tidak terlalu sulit.

Kunci pentingnya adalah membuat sambal terasi matang. Semua bahan yang digunakan perlu digoreng terlebih dahulu. Selengkapnya, langsung saja simak di sini ya.

1. Cabai, Bawang, dan Tomat Digoreng Hingga Layu

Untuk membuat sambal terasi dengan 100 gram cabai merah, kita bisa menggunakan 50 gram cabai rawit, 8 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 3 buah tomat, 1 sdm terasi bakar, garam dan gula merah secukupnya. Semua bahan cabai, bawang, dan tomat perlu digoreng hingga layu terlebih dahulu. Baru setelah itu bisa dihaluskan dengan bahan lain.

 

2. Diulek sampai Cukup Halus

sambal terasi
ilustrasi sambal terasi/copyright By ptingyakin (Shutterstock)

Tak perlu sampai terlalu halus. Ulek semua bahan tercampur rata. Lebih pas lagi jika masih memiliki tekstur agak kasar.

3. Tumis dengan Api Kecil

Tumis sambal yang sudah diulek dengan api kecil. Tambahkan garam bila perlu. Aduk sesekali dan masak sampai agak mengental. Setelah matang, sambal bisa dibiarkan dingin terlebih dahulu lalu disimpan di dalam stoples kaca.

Kita bisa menyimpan stok sambal di dalam kulkas. Bisa tahan sampai 4 hari. Sekarang sudah nggak bingung lagi saat ingin makan dengan sambal. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓