Benarkah Aturan Tidak Makan di Atas Jam 6 Sore Efektif Turunkan Berat Badan?

Febi Anindya Kirana08 Jan 2020, 17:15 WIB
diet menurunkan berat badan

Fimela.com, Jakarta Menghindari makan malam sebagai cara diet menurunkan berat badan sepertinya sudah bukan hal yang baru lagi. Banyak orang sepertinya sudah banyak membuktikan bahwa menghindari makan malam memang berpengaruh pada berat badan. Bahkan ada juga yang membatasi diri tidak makan apa pun lagi di atas jam 6 sore. Hal ini pun pernah saya lakukan secara pribadi.

Tapi apakah aturan diet ini berhasil? Untuk saya, cara ini memang berhasil. Saya pernah mencoba diet dengan cara tidak makan apapun lagi setelah jam 6 sore kecuali minum air putih.

Meski pada awalnya sangat berat dan selalu tergoda untuk ngemil, namun setelah terbiasa, proses penurunan berat badan ternyata lebih cepat, apalagi jika dijalani bersama dengan olahraga rutin. Beberapa penelitian juga mendukung aturan diet ini secara tidak langsung.

Diet jam 6 sore

diet
copyright by Africa Studio (shutterstock)

Seperti misalnya penelitian yang diterbitkan dalam jurnal International Journal of Obesity dan American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa banyak makan di malam hari sangat mudah membuat berat badan naik bahkan membuat orang berisiko besar mengalami obesitas.

Penelitian yang dilakukan Harvard T.H. Chan School of Public Health terhadap intermitten fasting, atau tidak makan apa pun lagi setelah jam 6 sore, juga menyebutkan bahwa menurunkan berat badan dengan cara ini lebih efektif dibandingkan makan makanan rendah kalori seharian.

Namun bagaimana caranya membiasakan diri untuk tidak makan di atas jam 6 sore? Untuk langkah pembiasaan, Sahabat Fimela bisa mulai mengurangi porsi makan, ditambah dengan memperbanyak asupan air putih. Begitu seterusnya hingga bisa menyingkirkan makanan padat sepenuhnya di malam hari dan hanya minum air putih jika merasa lapar. Lakukan pembiasaan dengan diikuti olahraga kardio rutin.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓