Merasa Kesepian setelah Menikah, Pertanda Buruk Apa Ini?

Endah Wijayanti09 Jan 2020, 14:15 WIB
alasan selingkuh

ringkasan

  • Kesibukan yang Sangat Padat
  • Kurangnya Keintiman
  • Kurangnya Dukungan Emosional
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Saat masih lajang, kita kadang merasa kesepian karena belum punya pasangan. Hal ini mungkin bisa dimaklumi. Namun, bagaimana jika sudah menikah tapi masih saja merasa kesepian? Apakah ini pertana buruk?

Kesepiaan adalah perasaan yang dialami manusia dari berbagai kalangan dan usia. Yang belum dan sudah menikah pun bisa dilanda perasaan kesepian ini. Untuk mengatasinya, kita perlu mencari penyebab utamanya agar bisa kembali menyeimbangkan emosi dan perasaan. Merasa kesepian setelah menikah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti faktor-faktor berikut ini.

1. Kesibukan yang Sangat Padat

Dilansir dari momjunction.com, salah satu penyebab terbesar perceraian zaman sekarang adalah kesibukan pasangan. Baik kesibukan dalam bekerja maupun kesibukan mengurus anggota keluarga lain. Sehingga tak ada waktu yang bisa dihabiskan berdua saja. Sehingga hal ini menciptakan jarak yang makin besar dan membuat kita merasa makin jauh dengan pasangan.

2. Kurangnya Keintiman

Kapan terakhir kalinya dekat secara intim dengan pasangan? Kurangnya keintiman atau makin menurunnya keintiman ini bisa menyebabkan munculnya perasaan kesepian. Sentuhan lembut, ciuman hangat, dan interaksi intim yang kurang bisa menghadirkan perasaan kesepian.

 

3. Kurangnya Dukungan Emosional

pria yang selingkuh
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Misalnya, ibu kita sedang sakit dan kita merasa sangat cemas. Namun, suami kita tak tampak berusaha atau berupaya untuk menenangkan dan menghibur kita. Kurangnya dukungan emosional (emotional support) bisa memicu hadirnya perasaan kesepian dalam diri. Apalagi bila kita juga enggan jujur dan terbuka mengungkapkan perasaan kita, maka jarak yang tercipta akan semakin lebar dan membuat kita merasa kesepian meski ada pasangan.

4. Kurangnya Waktu Berduaan

Dalam sehari-hari, kita lebih disibukkan dengan urusan keluarga atau anak-anak. Kerabat dan keluarga lain menyita banyak waktu kita. Sehingga kita tak punya waktu pribadi atau waktu berduaan dengan pasangan. Kurangnya waktu berduaan ini pun bisa jadi pemicu munculnya perasaan kesepian.

5. Pengalaman Buruk dari Masa Lalu

Kesepian setelah menikah tak selalu disebabkan oleh pasangan kita. Kejadian di masa lalu atau hubungan di masa lalu bisa jadi penyebabnya. Menurut penelitian, kesepian bisa juga disebabkan oleh depresi atau efek dari hubungan yang pernah ada di masa lalu. Seperti dari hubungan dengan kakak/adik dan hubungan dengan keluarga.

Komunikasikan emosi dan perasaanmu. Utarakan apa yang kamu rasa agar bisa mencari jalan keluar yang tepat. Semoga pernikahan yang kamu jalani saat ini bisa senantiasa menghadirkan kebahagiaan dalam hidupmu, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓