Tubuh yang Sehat Lebih Penting daripada Makan Asal Kenyang

Endah Wijayanti10 Jan 2020, 10:15 WIB
tips rebahan sehat

Fimela.com, Jakarta Tahun baru, diri yang baru. Di antara kita pasti punya pengalaman tak terlupakan soal berusaha menjadi seseorang yang lebih baik. Mulai dari usaha untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan, menjalin hubungan, meraih impian, dan sebagainya. Ada perubahan yang ingin atau mungkin sudah pernah kita lakukan demi menjadi pribadi yang baru. Seperti kisah Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Change the Old Me: Saatnya Berubah Menjadi Lebih Baik ini.

***

Oleh: Neni Zumrodah - Malang

Hal yang sekarang ini sedang aku usahakan untuk kuubah adalah mindset tentang pola makan. Hal ini menjadi fokusku sejak akhir tahun 2019. Dulu aku adalah orang yang selalu memikirkan kesehatan, terutama tentang kebiasaan makan. Hal tersebut dikarenakan tubuhku yang mudah sekali gendut dan apabila aku sudah gendut aku menjadi gampang sakit. Namun, di awal tahun 2019 aku menjadi seorang full-time worker yang membuatku menjadi careless kepada tubuh dan kesehatanku.

Kegiatan yang padat dan kurang pintar mengatur waktu adalah alasanku menjadi malas untuk memikirkan hal-hal yang, saat itu, menurutku sepele yaitu tentang kebiasaan makan. Merasa menjadi super sibuk membuatku berpikir, “Kalau mau kerjaan beres ya butuh energi, dan energi didapat dari makanan,” dan, “Kalau tubuh kamu capek kamu harus istirahat daripada besok pas kerja malah ngantuk dan nggak bersemangat." Alhasil aku makan apa pun tanpa berpikir, “Apakah makanan itu sehat atau tidak? Kira-kira kalori yang masuk dan aku keluarkan seimbang atau tidak?” dan selalu memanfaatkan waktu luang lebih untuk tidur atau rebahan, bukannya untuk olahraga. Hingga tiba-tiba tanpa disadari berat badanku sudah naik 10 kg dan badan aku sering merasa loyo dan sering sakit. Di situlah aku merasa “tertampar” dan merasa aku harus berubah.

Lebih Menjaga Pola Makan

makan sebelum naik pesawat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Heorshe

Saat ini aku mulai menanamkan mindset baru bahwa untuk bisa menjalani aktivitas dengan sempurna yang dibutuhkan bukanlah makanan, tetapi tubuh yang sehat. Dan tubuh kamu akan menjadi lebih sehat kalau nggak gendut jadi kamu harus mulai menjaga pola makan, lebih selektif dalam memilih makanan, dan jangan lupa olahraga. Nah, berdasarkan pemikiran tersebut sekarang ini aku mulai menata kembali siklus hidup aku, mulai dari melakukan intermitten fasting dan berusaha menyempatkan 30 menit untuk workout di rumah setiap hari.

Mungkin ini sudah minggu kedua aku menjalankan mindset baru aku, dan alhamdulillah berat badan aku sudah turun kurang lebih 0,5 kg. Iya, memang masih dikit banget tapi nggak apa-apa, yang penting selalu berusaha untuk membuat kemajuan di setiap harinya. Dan dengan olahraga tubuh aku pun jadi merasa lebih bugar. So, Sahabat Fimela doakan aku supaya bisa berpegang teguh pada mindset baru aku dan tetap bisa berproses untuk menjaga kesehatan tubuh aku di setiap harinya, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓