10 Manfaat Donor Darah bagi Wanita, Biar Sehat dan Cantik Lebih Maksimal

Zaki Baldan11 Jan 2020, 05:04 WIB
10 Manfaat Donor Darah bagi Wanita, Biar Sehat dan Cantik Lebih Maksimal

Fimela.com, Jakarta Tak hanya dikenal sebagai kegiatan yang mulia, donor darah ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat luar biasa. Pada dasarnya memang darah pada tubuh manusia itu perlu dikeluarkan karena setiap 90 hari akan terjadi regenerasi darah pada manusia yang terjadi secara alami. Sel-sel darah akan melakukan produksi dan darah kotor harus dibuang. Terlebih lagi bagi para wanita, ternyata donor darah nggak cuma bisa menghadirkan kebaikan di bidang kesehatan. Lebih jauh, jika rutin melakukannya ada beragam manfaat dalam bidang kecantikan juga yang dapat kamu rasakan.

Penasaran kira-kira apa saja sih manfaat donor darah bagi wanita? Cari tahu jawabannya di bawah ini, ya!

Mencegah Penuaan Dini

Kebaikan pertama yang bakal terasa banget saat kamu rutin mendonorkan darah adalah hilangnya tanda-tanda penuaan dini di wajah. Yup, problem ini memang salah satu yang paling banyak ditakutkan oleh para wanita. Kemunculan keriput di daerah sekitar mata atau garis-garis halus seringnya memunculkan kepanikan karena gejala seperti itu sedikit banyak dapat mengganggu sempurnanya penampilan.

Cara mudah untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti itu adalah dengan rutin donor darah. Penyebabnya, usai mendonor darah secara alami tubuh akan melakukan regenerasi terhadap sel darah merah. Bila proses ini berjalan dengan lancar, efek positifnya kekencangan kulit bakal tetap terjaga dan kulit wajah dapat terhindar dari keriputan.

Mencerahkan Kulit

Siapa yang tak merasa senang sih kalau punya kulit yang cerah, mulus, dan tak terlihat kusam? Selain perawatan alami dengan teratur mengonsumsi bahan makanan yang sehat, kamu juga bisa melakukan donor darah secara rutin. Bagaimana bisa? Jadi, kandungan darah merah dalam itu memiliki kandungan zat besi yang memiliki berbagai fungsi. Di antaranya membentuk hemoglobin, mengalirkan oksigen ke seluruh anggota tubuh, dan masih banyak lagi.

Namun tahukah kamu kalau ternyata kadar zat besi yang berlebihan di dalam tubuh ternyata bisa membawa dampak yang kurang baik, lho. Salah satu yang bakal cukup terlihat adalah membuat kulit jadi terlihat lebih kusam. Maka dari itu kamu disarankan banget untuk rutin melakukan donor darah demi mengurangi jumlah zat besi berlebihan dalam tubuh. Dengan begitu kulit pun terlihat lebih bersih, bercahaya, dan bebas dari kusam.

Mengurangi Stres

Kalau gejala stres sudah melanda seorang wanita, segala urusan rasanya jadi nggak bisa maksimal. Berat memang kalau pikiran sudah terdistraksi sesuatu, jadi sedikit terhalang untuk dapat menyelesaikan segala urusan dengan sebaik-baiknya. Kabar baiknya, donor darah ternyata bisa membantu dalam mengurangi tingkat stres.

Usai mendonorkan darah, tubuh akan memproduksi sel-sel baru yang dapat membuat tubuh jadi terasa lebih segar. Kalau seluruh anggota badan terasa bugar, efeknya pikiran juga akan merasakan sensasi yang sama. Dengan begitu, mood lebih stabil dan otak dalam kondisi terbaik untuk merampungkan segala urusan. Bila kondisi tersebut bisa dipertahankan, nggak ada lagi ceritanya stres menyerang.

 

10 Manfaat Donor Darah bagi Wanita, Biar Sehat dan Cantik Lebih Maksimal
(c) shutterstock

Menghindari Serangan Penyakit Kulit

Penyakit kulit termasuk gejala yang menyebalkan bagi para wanita, karena selain mengganggu kesehatan juga dapat mengakibatkan kurang maksimalnya penampilan. Namun tak perlu khawatir karena beragam serangan kulit dapat diantisipasi dengan rutin melakukan donor darah. Beragam penyakit kulit seringnya disebabkan oleh banyaknya darah kotor dalam tubuh. Rutin mendonorkan darah berarti sirkulasi pergantian sel darah merah juga berjalan secara teratur juga. Dengan begitu beragam datangnya gejala penyakit kulit dapat dihindari.

Mencegah Kegemukan

Memiliki tubuh yang proporsional selalu jadi hal yang menyenangkan bagi para wanita. Selain jadi bisa lebih percaya diri, kamu juga makin asyik saat hendak melakukan mix and match outfit. Olahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan menerapkan pola hidup sehat bisa diandalkan jadi ‘senjata’ untuk mencegah berat badan berlebih. Selain itu, nggak ada salahnya juga buat rutin mendonorkan darah karena ada kurang-lebih 650 kalori terbakar dari tiap 450 mililiter darah yang didonorkan.

Menyehatkan Jantung

Fungsi penting lain dari donor darah adalah mengurangi kadar kekentalan pada darah yang ternyata juga merupakan salah satu faktor meningkatnya risiko penyakit jantung. Gumpalan darah yang berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan bisa menghadirkan keburukan bagi jantung. Nah dengan melakukan donor darah secara rutin, risiko tersebut bisa diminimalisir sehingga jantung bisa jadi lebih sehat.

Mengendalikan Kolesterol dalam Darah

Tak hanya menyehatkan jantung, donor darah yang dapat membantu mengurangi kekentalan sel darah merah juga bisa membawa kebaikan lain yaitu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Penting untuk diketahui jika kolesterol jahat merupakan penyebab terjadinya beragam gangguan kesehatan, seperti penyumbatan aliran darah.

 

10 Manfaat Donor Darah bagi Wanita, Biar Sehat dan Cantik Lebih Maksimal
(c) shutterstock

Membantu Meningkatkan Produksi Darah

Bagi sirkulasi dalam tubuh, darah merah memiliki peran yang luar biasa vital, seperti mengalirkan nutrisi ke sluruh anggota badan. Faktanya, ternyata donor darah memiliki efek positif untuk merangsang peningkatan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Apabila hal tersebut bisa dilakukan secara maksimal, distribusi zat gizi jadi lebih lancar, termasuk segala nutrisi yang hendak disalurkan untuk kulit.

Bikin Luka Sembuh dengan Lebih Cepat

Ketika memutuskan untuk melakukan donor darah, harus diketahui kalau tubuh bakal melakukan penyesuaian terhadap berkurangnya sel darah merah. Proses tersebut membawa dampak positif: apabila kamu tengah memiliki luka yang menyebabkan darah berkurang cukup banyak, donor darah bisa membantu penyembuhan luka.

Deteksi Dini Penyakit Berbahaya

Ada fase-fasenya ketika seseorang hendak mengikuti kegiatan donor darah. Salah satu yang akan selalu dilakukan adalah tes kesehatan, untuk mengetahui bilamana darah yang hendak didonorkan itu benar-benar layak dan sehat. Dari sini nanti bakal diketahui apakah ada penyakit-penyakit yang sedang mengidapmu. Ini tentunya bisa dijadikan bekal untuk melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan terserangnya calon pendonor akan penyakit berbahaya.

Ternyata ada banyak banget manfaat donor darah bagi wanita. Jadi mulai sekarang tak perlu takut lagi saat hendak berdonor ya. Namun sebelumnya pastikan tubuh dalam kondisi terbaik dan perhatikan juga apa yang dikonsumsi. Ada beberapa penganan yang disarankan untuk dikondumsi wanita sebelum donor, seperti buah-buahan sehat seperti nanas, semangka, strawberry, mangga, jeruk, dan lainnya yang tinggi vitamin C. Sedangkan yang diizinkan untuk melakukan donor darah berusia 17 sampai 60 tahun dengan berat badan minimal 45 kilogram. Kalau mau tahu tentang manfaat luar biasa lain dari donor darah, kamu juga bisa cek di sini.

Yuk mulai sekarang lebih rutin donor darah!