Tips agar Bumbu Merata saat Membuat Mie Goreng di Rumah

Febi Anindya Kirana23 Jan 2020, 12:45 WIB
mie goreng

ringkasan

  • Campur minyak dan gunting mie-nya.
  • Campurkan dulu semua bumbunya
  • Gunakan wajan besar
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ketika masak sendiri mie goreng di rumah, terkadang beberapa orang mengalami kesulitan masak mie goreng agar bumbunya merata. Ketika sudah matang dan dimakan, bumbu jadi terasa compang-camping ada yang lebih asin dan ada yang tidak terasa. Ini caranya agar bumbu mie goreng bisa merata jika masak sendiri di rumah.

1. Campur minyak

Setelah merebus dan meniriskan mie kuning atau keriting dari airnya, tuangkan 1-2 sendok makan minyak goreng agar mie tidak menggumpal jadi satu. Penyebab bumbu tidak merata seringkali karena mie tidak bisa terpisah dari yang lainnya.

2. Gunting mie

Setelah mencampurkan dengan minyak, guting beberapa kali mie agar tidak terlalu kusut satu sama lain. Jangan terlalu banyak menggunting jika tak ingin mie terlalu hancur.

3. Campurkan dulu semua bumbunya

mie goreng
ilustrasi bakmi goreng/By Natalia Lisovskaya (Shutterstock)

Sisihkan mie, dan masak dulu semua bumbunya hingga tercampur rata. Jangan memasukkan mie saat semua bumbu belum masuk ke wajan. Rasa bisa compang-camping jika bumbunya dimasukkan satu per satu setelah mie masuk.

4. Gunakan wajan besar

Salah satu hal yang mempengaruhi merata tidaknya bumbu adalah ruang untuk mencampurkan mie tersebut. Jika menggunakan wajan kecil, akan sulit mengaduk mie agar merata dengan bumbu. Jadi pastikan menggunakan wajan yang cukup lebar untuk mengaduk bumbu mie goreng.

Nah, itu dia sekian tips yang bisa diterapkan agar bumbu mie goreng bisa merata jika membuat sendiri di rumah.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓