Cara Alami Atasi Depresi yang Wajib Kamu Ketahui

Fimela Editor27 Jan 2020, 14:30 WIB
ibu depresi

ringkasan

  • Lakukan olahraga rutin untuk bantu atas depresi pada diri.
  • Meditasi hingga olahraga mampu bantu atasi depresi yang terjadi.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Dunia sedang berjuang dengan depresi. Faktanya, depresi sekarang merupakan penyebab utama bunuh diri di dunia.

Diperkirakan 350 juta orang secara global menghadapi depresi. Dokter yang ingin membantu pasien mereka, sering meresepkan antidepresan dalam upaya untuk memperbaiki ketidakseimbangan kimia dalam fungsi otak. Namun, banyak orang yang depresi lebih suka mencoba pengobatan alami. Melansir dari yourtango.com, berikut beberapa cara alami untuk mengobati depresi yang bisa dicoba.

Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi depresi secara alami. Olahraga dapat mengatur bahan kimia di dalam otak dan meningkatkan neurotransmitter, termasuk serotonin, norepinefrin, dan endorfin secara alami. Cobalah yoga atau sekadar jalan-jalan. Kamu juga bisa melakukan push up atau squat. Lakukanlah olahraga tiga sampai lima kali seminggu selama 20 hingga 30 menit.

Berjemur dipagi hari

Kamu bisa berjemur di bawah sinar mentari pagi setiap hari selama kurang lebih 20 menit. Menurut penelitian, Vitamin D yang terdapat pada cahaya matahari dapat mengatasi gejala depresi. Jadi, coba luangkan waktumu setiap pagi untuk menikmati matahari. Dengan ini, pelan-pelan depresi akan teratasi dan tubuh akan terasa segar untuk memulai hari.

Tidur nyenyak setiap malam

Ada korelasi kuat antara insomnia dan depresi. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa kamu dapat membantu mengatasi depresi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Jika sudah berolahraga dan menghindari stimulan dalam diet, perbaikilah kebiasaan tidurmu. Tetapkan jam tidurmu. Jangan bermain ponsel atau menonton TV sebelum tidur dan hindari tidur siang. 

 

Tips atasi depresi tanpa obat

olahraga cegah depresi
Olahraga rutin untuk cegah depresi./Copyright shutterstock.com/g/chombosan

Meditasi

Studi terbaru menunjukkan hubungan antara asimetri di lobus frontal kanan dan kiri sebagai penanda untuk orang yang cenderung mengalami depresi. Asimetri ini disebabkan oleh stres.

Meditasi telah terbukti secara efektif menghilangkan stres dan secara fungsional menciptakan simetri di antara lobus. Seiring waktu, meditasi dapat merestrukturisasi otak. Ini jauh lebih efektif daripada obat dalam mencegah kambuh karena itu mempengaruhi perubahan permanen.

Akupuntur

Akupuntur dipercaya dapat mengobati depresi sama dengan antidepresan. Dalam pengobatan Tiongkok, jarum kecil yang ditempatkan secara strategis digunakan untuk mengatur ketidakseimbangan di dalam tubuh.

Hasil positif telah sering terlihat ketika disertai dengan praktik pelengkap seperti olahraga dan perubahan pola makan.

Itulah beberapa cara alami untuk mengobati depresi. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

(Rafinda)

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓