Inovasi Toko Offline Tanpa Kasir Pertama Hadir di Indonesia

Anisha Saktian Putri29 Jan 2020, 11:30 WIB
Blibli Mart

Fimela.com, Jakarta Tren belanja online terus meningkat, hal ini dilihat dari studi yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia. Studi tersebut mengungkapkan jumlah konsumen yang berbelanja di online meningkat 29 persen di tahun 2018.

Wiwy Sasongko, Executive Director of Retailer Verticel, Nielsen Indonesia mengatakan peningkatan belanja online tersebut meningkat dibandingkan dua tahun ssbelumnya. “Mayoritas konsumen ini didominasi oleh generasi milenial. Dengan peningkatan pembelian travel, fashion, dan FMGH,” ujarnya saat ditemui di acara Blibli Mart, Jakarta.

Walaupun begitu, toko offline pun masih dibutuhkan, seperti Blibli.com yang menggunakan strategi omnichannel untuk memudahkan pelanggan memenuhi kebutuhannya sehari-hari. 

Fransisca Krisantia Nugraha, Senior Vice President of Trade Partneship Blibli.com mengatakan dalam memperkuat strategi omnichannel, Blibli.com memperkenalkan fitur pengiriman terkini dan membuka toko offline. “Toko offline, Bliblimart menyediakan kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan pelanggan,” ujarnya.

 

Tanpa kasir dan uang tunai

Blibli Mart
Blibli Mart

Menariknya, Blibli mart toko offline ini diklaim sebagai gerai ritel modern pertama di Tanah Air yang beroperasi tanpa kasir (cashierless) dan sepenuhnya menggunakan pembayaran berbasis digital (cashless).

"Proyek perdana toko online Bliblimart merupkan perwujudan konsep omnichannel Blibli.com. Toko bersifat cashless dan cashierless ini didukung oleh teknologi scan and go. Di mana para pelanggan dapat menggunakan aplikasi Blibli.com untuk memindai barcode harga di kemasan produk. Kemudian langsung membayar belanjaan dengan layanan Go-Pay,” papar Fransisca. 

Gerai yang berlokasi di Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat itu diresmikan setelah melalui tahap uji coba selama kurang lebih 2 bulan oleh seluruh karyawan Blibli.com yang berkantor di gedung tersebut.

Penerapan strategi omnichannel oleh Blibli.com diperlukan untuk memastikan bahwa platform dagang-el yang berencana menjadi ‘online superstore’ bisa memenangkan kompetisi pasar di industri ritel.”Strategi omnichannel yang menyinergikan kanal daring dan luring menjadi semakin penting untuk diterapkan oleh perusahaan ritel di masa depan.

Hal ini penting untuk menjawab perubahan perilaku konsumen yang senantiasa mencari kenyamanan, terutama milenial yang sudah terbiasa berbelanja online dan menggunakan sistem pembayaran cashless,” tutup Wiwy.

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓