Serba-Serbi Clean Air Running, Olahraga Lari dengan Udara Bersih

Fimela Editor30 Jan 2020, 11:00 WIB
Lari

Fimela.com, Jakarta Bahaya pencemaran udara kini sudah terlihat jelas, tetapi tanpa disadari bagi mereka yang hobi lari pagi dan sore hari ikut terekspos polusi. Jika berlari di tempat yang penuh asap membuat tubuh terganggu, kamu mungkin patut mempertimbangkan untuk menggunakan rute clean air running. Ingin olahraga lari atau jogging rendah polusi? Berikut ulasannya.

Penelitian terbaru menemukan bahwa polusi udara sekarang membunuh lebih banyak orang ketimbang faktor lainnya seperti merokok. Seperti yang dilaporkan Evening Standard, hampir sembilan juta orang meninggal setiap tahun akibat partikel halus yang dipancarkan dari knalpot kendaraan, pembangkit listrik, dan pabrik.

"Volume udara yang kamu hirup dalam semenit sangat meningkat," ujar Dr. Paul Cullinan, profesor National Heart and Lung Institute. "Saya tidak mengatakan paparannya akan lebih besar daripada manfaat dari olahraga tetapi jika kamu akan melakukannya, lebih baik di tempat yang bersih," jelasnya.

Melansir dari Bustle.com, inilah beberapa cara untuk menciptakan olahraga clean air running.

Gunakan aplikasi

Tukar area yang ramai lalu lintas ke ruang hijau dan cobalah untuk berlari pada saat tingkat polusi udara lebih rendah, yaitu tidak pada jam sibuk. Ada beberapa aplikasi untuk membantumu merencanakan rute terbersih yang mungkin dapat dicoba.

Tenzing's Clean Air Tracker salah satunya. Dibuat dengan bantuan King's College London dengan menggunakan alat lari yang ada bernama Strava untuk membuat daftar rute clean air running bagi mereka yang di berada London. Selain mencari rute yang lebih baik, aplikasi ini menghitung skor kualitas udara dari rute biasa.

Aplikasi ini akan memberikan informasi kualitas udara terkini untuk area lokal dan dapat memperingatkanmu tentang tempat yang harus dihindari. Meskipun kamu harus melakukan lebih banyak pekerjaan untuk merencanakan rute jogging, tetapi peta virtualnya sangat mudah dinavigasi.

Investasikan pada perangkat yang dapat dipakai

Plume Labs telah menemukan perangkat praktis yang dapat dipakai untuk mengukur kualitas udara harian. Pelacak aliran menghubungkan ke suatu aplikasi untuk memberi tahu kamu tentang kulaitas udara. Kamu harus menggunakan data untuk mengetahui rute lari sendiri tetapi ini adalah cara yang sehat, efisien, dan akurat untuk membuat perubahan sederhana.

Dengan harga £ 139, akan memberi kamu indikator seberapa tercemar lokasi saat ini. Lampu hijau menandakan tingkat polusi yang rendah, kuning berarti sedang, merah cukup tercemar, dan ungu menunjukkan tingkat yang berat. Perangkat ini merupakan satu-satunya sensor pribadi untuk mengukur nitro oksida (NO2) yang disebabkan oleh gas buangan.

 

Bekerjasama dengan pelari lainnya

Ilustrasi lari
Ilustrasi lari. Sumber foto: unsplash.com/Steven Lelham.

Melibatkan diri dalam kelompok yang sedang berjalan membuat perencanaan rute clean running jauh lebih cepat dan mudah. Setiap minggu, Tenzing mengadakan Clean Air Run Club gratis. Berlangsung antara 7km dan 10km di London setiap Kamis pukul 18.30.

Jika kamu tidak dapat menemukan grup lari lokal, mengapa tidak memulai sendiri? Kamu dapat bergabung dengan klub lari terdekat dan memulai kegiatan clean air running. Ini merupakan ide yang bagus dan cenderung akan menjadi populer.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Lanjutkan Membaca ↓