Tips Menyisihkan Uang agar Tetap Bisa Menabung

Gayuh Tri Pinjungwati30 Jan 2020, 16:15 WIB
nabung

ringkasan

  • Catat Kebutuhan Tiap Bulan
  • Tentukan Besaran Uang yang Harus Ditabung
  • Belanja di Waktu yang Tepat
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan yang akan datang atau keperluan mendadak lainnya. Menabung dapat dilakukan di bank supaya lebih aman. Menabung sebenarnya memang mudah dilakukan, namun dengan cara yang tepat. Jika tidak dapat mengatur pengeluaran dengan benar, dapat dipastikan akan mengalami kesulitan menyisihkan uang untuk menabung.

Terlebih jika Sahabat Fimela bekerja di luar kota yang harus menyisihkan sebagian uang untuk membayar kos dan memenuhi kebutuhan hidup lainnya. Lalu bagaimana caranya menyisihkan uang untuk menabung? Berikut ini beberapa tips menyisihkan uang agar Sahabat Fimela tetap bisa menabung.

Catat Kebutuhan Tiap Bulan

Pertama catatlah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam 1 bulan. Catatlah dengan rinci, mulai dari biaya kos dan kebutuhan lainnya. Lalu total semua rincian tersebut dengan benar, agar kamu dapat mengetahui berapa besaran uang yang harus kamu keluarkan dalam satu bulan.

Tentukan Besaran Uang yang Harus Ditabung

Setelah melakukan perincian dan menotal semua biaya hidup selama 1 bulan, cobalah untuk melihat besaran gaji yang kamu dapatkan dari bekerja. Dari jumlah rincian, kamu dapat mengetahui berapa jumlah uang yang harus kamu sisihkan untuk menabung.

Belanja di Waktu yang Tepat

belanja bulanan
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Dragon Images

Saat belanja kebutuhan ada baiknya dilakukan saat weekend, karena akhir minggu biasanya lebih banyak diskon dan potongan harga yang lumayan besar. Sehingga membantumu untuk menghemat pengeluaran. Meskipun ada banyak taburan diskon, ada baiknya untuk tetap mengerem pengeluaran, belilah kebutuhan secukupnya saja.

Menyisihkan Uang untuk Kebutuhan Mendadak

Coba untuk menyisihkan sedikit uang untuk kebutuhan yang mendadak. Kebutuhan ini sifatnya tak direncakan, misalnya seperti kamu mengalami sakit dan harus berobat, motor kamu tiba-tiba mogok dan perlu untuk di service.

Menabung sebenarnya bukan masalah yang sulit, hanya saja kita harus pandai-pandai mengelola keuangan dengan benar. Sebisa mungkin untuk mempertimbangkan ketika hendak membeli barang. Pikirkan apakah barang tersebut memang benar-benar sangat berguna atau tidak. Jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya, gunakan uangmu untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat.

#GrowFearless With FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓