Perencanaan Diet Sehat dan Matang Anti Gagal

Fimela Editor02 Feb 2020, 10:00 WIB
Diet sirtfood

Fimela.com, Jakarta Saat diet terkadang kamu hanya fokus dengan apa yang bisa dimakan dan apa yang tidak. Pada akhirnya, ini akan menyebabkan kamu stres saat membatasi makanan dan membuat gelisah hingga tak urung menyerah dengan program diet yang ada. Untuk menjalankan program diet yang benar, kamu harus terlebih dahulu menciptakan gaya hidup sehat untuk diri sendiri.

Tujuan diet yang tepat adalah untuk membuat tubuh lebih sehat, tetap bugar secara emosional, dan tubuh ternutrisi. Dilansir dari yourtango.com, berikut beberapa tips diet yang mudah untuk diterapkan. Tidak hanya menjelaskan cara untuk menikmati pilihan makanan dalam program diet, namun juga belajar untuk bertahan dalam program diet.

Rencanakan menu makanan selama seminggu

Merencanakan menu makanan akan menghilangkan kekhawatiran tentang apa saja pantangannya saat menjalankan program diet. Banyak orang menikmati kegiatan merencanakan menu makanan ini. Mengetahui makanan apa yang akan dimakan setiap hari akan menghilangkan dugaan dari apa yang dimakan. Kamu bahkan juga dapat merencanakan menu makanan ringan.

Kamu dapat mengajak keluarga untuk bergabung dengan meminta setiap orang untuk menuliskan makanan favorit mereka dan menambahkannya ke dalam daftar rencana menu makananmu. Kemudian saat ingin memasaknya, suami dan anak-anak dapat ikut untuk membantu.

Belanja berdasarkan daftar menu makanan diet yang telah dibuat

Berpegang teguh pada daftar belanja akan memastikan kamu mengikuti diet yang sedang dijalani. Jika kamu mengajak keluarga, bagi daftar belanjaannya. Anak-anak yang lebih besar dapat pergi sendiri untuk mendapatkan barang-barang yang kamu tahu akan berhasil mereka dapatkan. Mintalah anak-anak yang lebih kecil membantu dengan membiarkan mereka memasukkan makanan ke dalam keranjang belanja.

Ini adalah kesempatan bagus untuk berbagi dengan anggota keluarga tentang cara berbelanja tepat dari daftar belanja. Mengajari anak-anak untuk belanja mengikuti daftar makanan yang telah ditulis akan membuat mereka mengerti tentang berhemat, dan tidak membeli barang-barang tambahan yang tidak diperlukan.

Minum banyak air

Pada saat kamu merasa lapar, itu mungkin pertanda bahwa tubuh membutuhkan air. Minum air adalah cara yang bagus untuk memeriksa rasa lapar. Jika tidak lagi lapar setelah minum, kamu telah menghemat kalori tambahan yang tidak perlu.

Pastikan setidaknya minum delapan gelas air setiap hari. Ini akan membantu mengeluarkan racun dalam ginjal. Ginjal adalah sistem penyaringan utama tubuh.

Saat kamu merasa bibir lebih kering, itu pertanda kamu kurang terhidrasi dan butuh minum. Jika kurang menyukai air yang tawar, kamu bisa menambahkan buah beri atau jeruk ke dalamnya. Dengan sering minum, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik.

Tetap aktif

Aktivitas fisik dapat menciptakan endorfin yang menghasilkan perasaan bahagia. Mintalah anggota keluarga untuk ikut melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti berlari, naik sepeda, atau mengikuti kelas di pusat kebugaran terdekat.

Jika kamu memiliki hobi yang berhubungan dengan seni, seperti melukis dan kerajinan ajarkan keterampilan ini pada keluarga. Ini adalah hal-hal yang dapat dinikmati bersama-sama sambil menjaga tubuh untuk tetap bergerak.

 

Pilih camilan sehat

[Fimela] Diet
Ilustrasi diet sehat | unsplash.com/@the_modern_life_mrs

Mengemil makanan yang kaya serat dan protein tinggi akan memperpanjang rasa lapar. Rencanakan makanan ringan terlebih dahulu untuk mencegah makan besar secara berlebihan.

Siapkan makanan ringan dengan jumlah kalori satu hingga dua ratus per makanan. Rencanakan menu camilan untuk disantap dua hingga tiga jam setelah makan.

Itulah beberapa cara untuk menjaga diet tetap sehat yang tentunya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Sebagai bonus tambahan, tanpa disadari kamu secara tak langsung memperkenalkan anak-anak untuk menjalani gaya hidup sehat. Tertarik untuk mencobanya, Sahabat Fimela?

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Lanjutkan Membaca ↓