Tips Menyimpan dan Mengolah Makanan yang Baik

Gayuh Tri Pinjungwati07 Feb 2020, 13:15 WIB
menyimpan makanan

ringkasan

  • Simpan pada Wadah yang Tertutup
  • Usahakan Jangan Menghangatkan Masakan Berkali-Kali
  • Konsumsi Makanan dalam Keadaan Segar
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Masih banyak diantara kita yang masih mengabaikan kebersihan makanan. Tak jarang orang mengesampingkan kesehatan dengan makan sembarangan asalkan merasa kenyang, seperti jajan di pinggir jalan yang belum tentu higienis. Sudah seharusnya dapat memperhatikan cara menyimpan dan mengolah makanan dengan baik supaya tetap higienis untuk menghindari penyakit.

Buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin dapat dengan mudah terkontaminasi dengan bakteri dan virus yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit. Oleh sebab itu sudah seharusnya untuk sadar akan kesehatan dengan cara menyimpan dan mengolah makanan dengan baik dan benar. Nah, berikut ini beberapa tips untuk menyimpan dan mengolah makanan yang benar.

Simpan di Lemari Pendingin

Menyimpan makanan di lemari pendingin merupakan cara efektif menyimpan makanan agar tidak terkontaminasi dengan bakteri. Perhatikan suhu di dalam lemari pendingin, pisahkan antara sayur, daging, dan makanan beku lainnya. Selain itu pula, perhatikan kebersihan lemari pendingin, jangan malas untuk membersihkannya.

Simpan pada Wadah yang Tertutup

Jika hendak menyimpan makanan sisa, atau yang sudah mengalami proses pemasakan, sebaiknya simpan di dalam freezer supaya lebih awet. Pastikan makanan disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat, supaya oksigen tidak dapat masuk. Oksigen akan sangat mudah membantu proses pembusukan pada makanan. Makanan yang dibekukan akan lebih awat hingga 3-4 bulan.

Cuci Bahan Makan Sebelum Memasak

Bila Sahabat Fimela hendak memasak, ada baiknya untuk menyuci terlebih dahulu bahan makanan tersebut. Menyuci bahan makanan berguna untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin saja menempel pada bahan makanan.

Masak dengan Suhu yang Benar

Konsumsi Sayuran yang Dipanaskan Microwave Berisiko Kanker
Jika Anda memiliki kebiasaan memanaskan sayuran dalam microwave untuk menyingkat waktu saat masak, mungkin Anda harus berpikir dua kali

Seperti menyimpan makanan di dalam lemari pendingin untuk menggunakan suhu yang sesuai. Memasak bahan makanan ini pun juga harus memperhatikan suhunya. Masak makanan dengan sempurna, hal ini bertujuan untuk membuhunuh patogen yang dapat membahayakan tubuh.

Usahakan Jangan Menghangatkan Masakan Berkali-Kali

Usahakan memasak sesuai dengan kebutuhan, jangan berlebihan. Jika tersisa akan sangat sayang sekali untuk membuangnya, namu jika dipanaskan berkali-kali dapat merusak nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut atau bahkan akan muncul gejala penyakit pada tubuh jika di konsumsi.

Jika ingin menghangatkan makanan yang sudah tersimpan dari dalam lemari pendingan, usahakan untuk membiarkan makanan berada di suhu ruangan. Masak menggunakan api kecil, supaya tidak merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

Konsumsi Makanan dalam Keadaan Segar

Biasakan untuk tidak menunda waktu makan, jika memang makanan sudah masak, alangkah baiknya untuk segera menyatapnya. Jika makanan dibiarkan berada di meja makan dalam waktu yang cukup lama, akan mempercepat perkembangan bakteri.

Memperhatikan kesehatan dilakukan dari berbagai aspek, baik dari gaya hidup, pola makan, menjaga nutrisi makanan, dan yang tak kalah penting kebersihan makanan itu sendiri. Tetap perhatikan kebersihan makanan, meskipun akan melewati proses memasak, tetap saja harus menjaga kebersihan bahan makanan.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓