Tips Membuat Oseng Usus Ayam yang Tidak Alot

Endah Wijayanti11 Feb 2020, 08:45 WIB
usus ayam

ringkasan

  • Usus Ayam Direbus Terlebih Dahulu
  • Usus Ayam Digoreng Sebentar
  • Usus Ayam Direbus lalu Digoreng Sebentar
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Usus ayam bisa diolah jadi aneka hidangan dan olahan yang sedap. Salah satunya adalah mengolahnya jadi oseng usus ayam atau sambal goreng usus ayam. Untuk mendapatkan hidangan yang sempurna, selain memastikan racikan bumbunya pas, usus ayam pun sebaiknya diolah dengan benar agar tidak alot.

Agar usus ayam tidak alot, ada tips yang bisa dicoba. Tidak sulit kok tipsnya. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Usus Ayam Direbus Terlebih Dahulu

Usus ayam yang sudah dicuci bersih, direbus sampai empuk, lalu tiriskan. Setelah itu, siapkan semua bahan bumbu. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan air. Setelah mendidih, masukkan usus ayam dan tambahkan bumbu lain. Masak hingga air menyusut.

2. Usus Ayam Digoreng Sebentar

usus ayam
ilustrasi usus ayam/copyright By Odua Images (Shutterstock)

Siapkan semua bahan bumbu, sisihkan. Usus ayam yang sudah dicuci bersih bisa digoreng sebentar, tak perlu terlalu lama karena kalau terlalu lama bisa makin alot. Lalu, tiriskan. Tumis semua bahan bumbu, lalu masukkan usus ayam yang sudah digoreng sebentar tadi. Tambahkan sedikit air bila perlu. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap sempurna.

3. Usus Ayam Direbus lalu Digoreng Sebentar

Tips yang satu bisa dibilang perpaduan dua proses. Usus ayam yang sudah dicuci besih, direbus sebentar sebentar, lalu ditiriskan. Setelah itu, usus ayam digoreng sebentar supaya tidak alot. Baru kemudian, usus bisa diolah dan dibumbui sesuai selera.

Untuk menghilangkan bau amis, dalam proses perebusan usus bisa kita tambahkan daun salam atau rempah-rempah lainnya. Semoga tipsnya bermanfaat dan membuatmu makin semangat memasak, ya.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓