4 Tanda Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Vinsensia Dianawanti13 Feb 2020, 17:30 WIB
Diperbarui 13 Feb 2020, 17:30 WIB
perempuan

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan emosional adalah salah satu kualitas paling berharga yang bisa kamu miliki. Apa yang membuatnya berbeda dengan kecerdasan umum?

Melansir dari Real Simple pada Kamis (13/2/2020) seorang psikolog bernama Gemma Leigh Roberts menuturkan bahwa kecerdasan emosional bisa tampak seperti konsep yang kompleks.

"Kecerdasan emosional ata EQ adalah tentang memahami, mengenali, dan mengelola emosi diri sendiri, mengenali dan memahami emosi yang ditampilkan oleh orang lain, menafsirkan informasi untuk membantu mengelola hubungan dan situasi sosial," ungkapnya.

Orang dengan kecerdasan emosional yang baik ditandai dengan empat hal. Apa saja?

1. Memahami mengapa emosi muncul dalam situasi tertentu

Pemahaman ini bisa ditemukan ketika kamu mampu mengidentifikasi emosi yang kamu rasakan dan memahami mengapa kamu merasakan hal tersebut. Seperti misalnya terjadi ketegangan dalam sebuah rapat karena semua orang memiliki pemahaman yang tidak sama.

2. Menyesuaikan respon emosional

Setelah kamu mampu mengidentifikasi perasaan apa yang kamu rasakan dan mengapa, kamu bisa memilih harus bereaksi seperti apa. Ini akan memberi kontrol atas dirimu sekaligus mampu mengurangi stres.

 

3. Mudah berempati dan mengenali emosi orang lain

teman sahabat
ilustrasi sahabat perempuan/copyright by Tirachard Kumtanom (Shutterstock)

Ini lebih sering terjadi dalam hubungan di mana pasangan yang marah belum tentu karena dia benar-benar marah. Bisa jadi ada suatu ketakutan yang ia tutupi. Kamu yang memiliki kecerdasan emosi baik akan memahami hal tersebut. Lebih terbuka untuk memahami alasan pasangan berbuat seperti itu.

4. Mampu menyesuaikan pesan dengan lawan bicara

Cara kamu berkomunikasi dengan orang lain juga berpengaruh pada kecerdasan emosional. Nada dan pilihan kata akan mempengaruhi makna yang hendak disampaikan. Ini kaitannya dengan memahami perspektif dan emosi orang lain.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓