10 Cara Mengatasi Rasa Lelah Akibat Bekerja

Annissa Wulan16 Feb 2020, 08:00 WIB
stres pekerjaan

Fimela.com, Jakarta Kelelahan akibat bekerja bukan lagi hal yang bisa disepelekan, karena selain berdampak buruk pada kesehatan tubuh, juga mental. Menurut survei, satu dari lima pekerja penuh waktu mengalami masalah kesehatan mental karena bekerja.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Dilansir dari marieclaire.co.uk, Minggu (16/2/2020), berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rasa lelah akibat bekerja, penasaran?

1. Berbaik hati pada diri sendiri

Berhentilah mengkritisi diri sendiri terlalu keras dan berhenti membandingkan diri sendiri dengan keadaan orang lain. Fokuslah pada hal-hal yang kamu kuasai dan apa yang telah kamu capai selama ini.

2. Mendapatkan dukungan

Tidak akan ada orang yang bisa bertahan hidup sendirian tanpa dukungan dari orang lain, termasuk ketika bekerja. Carilah bantuan dan saran dari orang lain, bagikan masalahmu, dan temukan solusi bersama-sama.

3. Mengendalikan

Perbedaan antara tekanan dan stres adalah kontrol, banyak orang justru bisa melakukan yang terbaik saat berada di bawah tekanan. Fokuslah pada apa yang sedang kamu upayakan saat ini, bukan pada hal-hal yang tidak dapat kamu lakukan, karena langkah kecil sekalipun dapat meningkatkan kepercayaan diri, serta membuat perbedaan yang besar.

4. Menemukan tujuan dari apa yang kamu lakukan

Rasanya akan sangat sulit menemukan tujuan ketika kamu sedang merasa terjebak dalam suatu kondisi. Orang yang bertahan dan berkembang dalam hidup adalah mereka yang menemukan tujuan dalam apa yang mereka lakukan, seperti bekerja.

 

5. Istirahat

perempuan bekerja
ilustrasi stres pekerjaan/copyright By TORWAISTUDIO (Shutterstock)

Tetapkan batasan tentang kapan kamu harus bekerja dan istirahat.

6. Pikirkan bahasa yang kamu gunakan

Bahasa seperti apa yang sering kamu gunakan untuk dialog internal? Cara terbaik untuk mengatasi stres adalah menghentikan diri sendiri untuk berdialog secara negatif dan temukan bahasa yang lebih positif.

7. Tetap fokus

Tahukah kamu bahwa sebagian besar waktu pekerja kantoran digunakan untuk gangguan dan media sosial? Inilah pentingnya menetapkan tujuan yang jelas agar kamu bisa tetap fokus bekerja.

8. Menjaga kesehatan

Hal-hal sederhana, seperti menjaga kesehatan akan membantumu mengatasi rasa lelah akibat bekerja.

9. Tidur yang cukup

Kelelahan memiliki efek yang sama pada kemampuan kognitif seperti mabuk.

10. Bersyukur

Terakhir adalah memperbanyak rasa syukur, temukan hal-hal positif yang terjadi dalam hidupmu. Masihkah kamu sering merasa lelah akibat bekerja?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓