4 Tips Mengatasi Susah Buka Mata untuk Bangun Pagi Hari

Endah Wijayanti17 Feb 2020, 08:45 WIB
tips bangun pagi

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, bangun pagi adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Ketika alarm sudah berbunyi, berat sekali untuk mengangkat badan. Membuka mata pun terasa susah sekali.

Untuk mempermudah kita membuka mata untuk bangun pagi, ada sejumlah tips mudah yang bisa dicoba. Kita bisa memulainya dari cara yang sederhana untuk membuat kita merasa lebih ringan menyambut pagi. Berikut cara-cara mudah yang bisa dicoba.

1. Minum Air Putih

Malam sebelum tidur, siapkan segelas air putih di dekat tempat tidur. Agar ketika kita bangun pada pagi harinya, kita bisa langsung meminumnya. Melansir healthline.com dalam artikel 13 Fatigue-Fighting Hacks to Supercharge Your Mornings, rasa lelah adalah gejala umum dehidrasai. Bahkan dehidrasi ringan dapat membuat kita merasa mengantuk, mengalami perubahan kognitif, dan menyebabkan suasana hati memburuk. Cobalah minum segelas air putih untuk membuat tubuh terasa lebih segar dan bisa segera membuka mata pada pagi hari.

2. Basuh Wajah dengan Air Dingin

Membasuh wajah dengan air dingin bisa membantu kita untuk langsung terjaga. Perubahan suhu yang diterima tubuh bisa bantu menyadarkan kita untuk segera bangun dari tempat tidur. Bila perlu, siapkan botol semprotan yang berisi air di samping tempat tidurmu. Sehingga, pada pagi hari kita bisa langsung menyemprotkannya ke wajah untuk membantu kita lebih terjaga.

3. Buka Jendela

bangun pagi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Buka jendela lebar-lebar. Izinkan sinar matahari masuk ke dalam kamar. Paparan sinar matahari yang langsung mengenai wajah atau kulitmu akan sangat membantumu untuk langsung terjaga. Udara segar yang masuk ke dalam kamar juga bisa sangat membantumu untuk segera membuka mata pada pagi hari.

4. Atasi Semua Sumber Stres Pagi Hari

Kadang kita sulit membuka mata untuk bangun pagi hari karena sudah merasa stres atau tertekan dengan sesuatu yang harus segera dilakukan. Coba atasi sumber strese tersebut. Misalnya, bila setiap pagi selalu panik dengan barang-barang yang perlu dibawa ke kantor, maka malam hari sebelumnya siapkan semuanya sebaik mungkin. Sehingga, ketika bangun pagi sudah terasa lebih ringan dan lebih mudah memulai hari.

Semoga tips-tips di atas membantumu untuk bisa segera membuka mata untuk bangun pada pagi hari, ya. Tetap semangat jalani hari-hari barumu.

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓