4 Cara Menggunakan Cuka Apel pada Bahan Makanan

Endah Wijayanti17 Feb 2020, 14:45 WIB
[Fimela] Cuka Apel

Fimela.com, Jakarta Di berbagai swalayan dan pusat perbelanjaan, mudah sekali untuk menemukan cuka apel. Cuka apel terbuat dari perasan buah apel yang difermentasi dengan tambahan ragi. Dalam berbagai hidangan atau masakan, cuka apel memiliki peran yang penting.

Rasa cuka apel yang khas bisa membuat aneka hidangan lebih istimewa dan menambah selera makan. Bagi yang masih bingung dengan cara menggunakan cuka apel dalam masakan atau bahan makanan, berikut beberapa cara memanfaatkannya. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

Ditambahkan ke Bumbu Marinasi Daging

Sebelum diolah, daging umumnya perlu dimarinasi terlebih dahulu supaya empuk. Kita bisa menambahkan cuka apel pada bumbu marinasi daging untuk membuat daging lebih empuk. Rendam selama beberapa jam atau semalaman untuk menghasilkan daging yang lembut.

Digunakan sebagai Pengganti Lemon

Untuk membuat olahan yang dipanggang, biasanya kita memerlukan lemon untuk menghasilkan rasa yang lebih tajam. Jika tak ada lemon, kita bisa menggunakan cuka apel sebagai gantinya. Pada bumbu untuk memanggang, tambahkan cuka lemon untuk menghasilkan rasa yang lebih tajam pada panggangan.

 

Digunakan untuk Mencegah Buah Berubah Warna

cuka apel
ilustrasi cuka apel/copyright Rawpixel

Buah apel dan buah pir bisa direndam dalam larutan cuka apel selama beberapa menit, setelah itu dibilas dengan air bersih untuk mencegahnya berubah warna. Kesegaran buah bisa bertahan lebih lama dengan rendaman cuka apel. Bakteri yang menempel pada buah-buahan pun bisa terbunuh.

Digunakan sebagai Salad Dressing

Agar rasa salad lebih segar, kita bisa menambahkan cuka apel. Setelah sayur dan buah dipotong-potong dan ditata di mangkuk, siapkan salad dressing yang terdiri dari cuka apel, olive oil, dan sedikit lada. Rasa cuka apel yang segar bisa membuat salad jadi lebih enak.

Cuka apel juga bisa digunakan untuk membersihkan alat masak yang bau sebagai pengganti lemon. Nah, sekarang sudah tidak terlalu bingung lagi kan dalam menggunakan cuka apel di dapur? Semoga infonya bermanfaat.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓