5 Tips agar Ayam Bakar Tidak Gosong

Febi Anindya Kirana21 Feb 2020, 09:36 WIB
ayam bakar

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara mengolah ayam, salah satunya adalah dengan cara dibakar. Tapi ayam bakar juga perlu teknik khusus agar tidak gosong. Bukan hanya mengurangi kenikmatan karena terasa pahit, daging yang terbakar hitam juga berisiko meningkatkan kanker di dalam tubuh. Jadi, ini caranya agar ayam bakar tidak gosong dan bisa dinikmati secara maksimal.

1. Diungkep dulu

Jangan langsung membakar ayam yang mentah. Akan lebih baik jika memasak daging ayam lebih dulu dengan cara diungkep. Cara ini bukan hanya menjamin daging ayam matang hingga ke dalam tapi juga membuat bumbu lebih meresap.

2. Jangan terlalu banyak gula

Ketika membumbui ayam bakar, lebih baik tidak terlalu banyak menambahkan gula. Gula cenderung gosong jika terkena panas langsung. Jika bumbu terlalu manis, gula akan membuat bagian terluar ayam cepat gosong.

3. Oles minyak

ayam bakar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ketika membakar sate, salah satu alasan tidak mudah gosong adalah adanya minyak atau lemak. Untuk menjaga agar ayam bakar tetap kering namun tidak gosong, oles sesekali dengan margarin sehingga api tidak langsung membakar daging.

4. Lapisi daun pisang

Jika tak ingin terlalu berminyak, lapisi dengan daun pisang atau alumunium foil. Cara ini akan mencegah ayam terkena api dan arang langsung tapi juga membuat ayam tetap terbakar dan kering.

5. Jangan dibakar terlalu lama

Tujuan membakar ayam adalah menambah kesedapan masakan, bukan untuk memasak makanan. Jadi jangan dibakar terlalu lama agar tidak gosong. Perlu dibolak-balik juga agar tidak hanya satu sisi yang terbakar.

Itu dia sekian tips agar ayam bakar tidak gosong namun tetap enak dimakan dan sehat.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓