Jangan Dibuang, Ini 3 Cara Memanfaatkan Minyak Bekas Menggoreng Ikan Asin

Febi Anindya Kirana21 Feb 2020, 16:10 WIB
Cara Memanfaatkan Minyak Bekas Goreng Ikan Asin

Fimela.com, Jakarta Tidak seperti menggoreng tahu dan tempe yang minyaknya masih bisa dipakai lagi beberapa kali untuk menggoreng karena masih jernih, minyak yang digunakan untuk menggoreng ikan asin akan keruh dan berbau menyengat sehingga tidak cocok digunakan untuk menggoreng makanan lainnya.

Tapi bukan berarti minyak bekas menggoreng ikan asin ini bisa langsung dibuang, daripada dibuang, ini cara memanfaatkan minyak tersebut.

1. Menggoreng sambal

Menggunakan minyak bekas menggoreng ikan asin untuk menggoreng sambal akan menambah cita rasa sambal, terutama sambal yang menggunakan terasi. Garamnya juga bisa agak dikurangi karena biasanya minyak bekas menggoreng sudah asin.

2. Membuat nasi goreng

minyak goreng
Minyak goreng./Copyright shutterstock.com/g/bennnn

Tak perlu penyedap rasa, nasi goreng akan lebih gurih dan sedap jika menggoreng menggunakan minyak bekas ikan asin. Terutama jika ingin membuat nasi goreng ikan asin atau seafood, minyak ikan asin akan sangat membantu memberi kesedapan alami.

3. Menumis sayur dan bumbu

Menumis sayur atau menumis bumbu balado atau sambal goreng akan lebih gurih dan mantap jika menggunakan minyak bekas menggoreng ikan asin. Tak perlu menambahkan kaldu bubuk. Tetapi sesuaikan juga, jika bumbu masakan tidak menggunakan bahan tambahan seperti terasi dan saus tiram, lebih baik jangan digunakan karena bisa mengganggu rasa.

Itu dia sekian cara menggunakan minyak bekas menggoreng ikan asin, jadi jangan langsung dibuang ya, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓