Sukses

Lifestyle

Penyebab Nasi Mudah Basi Ketika Ditanak dengan Rice Cooker

Fimela.com, Jakarta Menanak nasi saat ini lebih mudah dengan menggunakan rice cooker. Banyak produk rice cooker yang beredar di pasaran, dengan berbagai tipe dan ukuran. Namun ada beberapa kejadian ketika menanak nasi menggunakan rice cooker, membuat nasi menjadi lebih mudah basi.

Ada banyak faktor mengapa nasi mudah cepat basi ketika ditanak pada rice cooker. Sangat disayangkan jika nasi basi dan terbuang begitu saja. Nah, berikut ini beberapa penyebab mengapa menanak nasi pada rice cooker lebih mudah basi.

Beras Masih Kurang Bersih

Yang menyebabkan nasi mudah basi ketika ditanak pada rice cooker yang pertama yaitu beras masih kurang bersih. Saat hendak menanak nasi, bersihkan beras terlebih dahulu. Usahakan untuk membersihkan sebersih mungkin hingga air berwarna bening. Ganti air secara berulang, dan cuci beras menggunakan air bersih yang mengalir.

Terlalu Banyak Air

Menanak nasi pada rice cooker harus dapat mengetahui takaran air yang digunakan. Pastikan air tidak kurang atau berlebihan saat menanak nasi menggunakan. Nasi yang terlalu banyak air dan memiliki tekstur lembek dapat membuat nasi menjadi lebih mudah basi.

Tidak Menutup Rapat Rice Cooker

Rice cooker yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan nasi lebih cepat basi. Udara luar ruangan yang masuk melalui celah dan membuat suhu pada rice cooker tidak stabil. Sebaiknya perhatikan kerapatan rice cooker saat hendak menanak nasi, supaya suhu rice cooker tetap stabil.

Mengaduk Nasi saat Sudah Matang

Mengaduk nasi setelah matang, dapat membuat nasi lebih mudah basi. Karena, setiap bulir nasi mengandung uap panas, bila teraduk, maka uap tersebut berubah menjadi air dan membuat nasi lebih mudah basi. Sebaiknya hindari mengaduk nasi saat sudah matang.

Aliran Listrik Kurang Stabil

Aliran listrik yang kurang stabil menyebabkan rice cooker tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Sehingga uap panas yang tidak stabil membuat nasi menjadi lebih cepat basi atau bahkan tidak dapat matang dengan sempurna. Selain menyebabkan nasi basi, aliran listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan rice cooker jadi mudah rusak.

Berikut tadi pemaparan dari beberapa penyebab nasi mudah basi saat menanaknya pada rice cooker. Untuk menghindari nasi cepat basi sebenarnya mudah sekali. Nasi yang sudah matang ketika dimasak menggunakan rice cooker dapat dipindah pada magic jar supaya tetap lebih hangat dan tahan lama.

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading