Berapa Lama Ayam Goreng Boleh Disimpan di dalam Kulkas?

Febi Anindya Kirana24 Feb 2020, 16:15 WIB
ayam goreng

Fimela.com, Jakarta Ketika makan besar dengan keluarga dan membeli banyak ayam goreng, ketika tidak habis, cara terbaik menyimpan ayam goreng agar tidak mudah basi adalah menyimpannya di dalam kulkas. Namun menyimpan ayam goreng di kulkas juga punya waktu maksimal agar tetap aman dikonsumsi.

Jika tidak memerhatikan lama waktu penyimpanan, ayam goreng tetap bisa busuk atau penuh bakteri yang bisa mengganggu kesehatan sehingga tak bisa dimakan lagi. Lalu seberapa lama sebaiknya ayam goreng boleh disimpan di kulkas?

Sebenarnya ada banyak variabel berapa lama ayam bisa disimpan di dalam kulkas seperti misalnya tingkat kematangan, kebersihan dan berapa lama berada di suhu ruangan setalah ayam matang, namun secara umum waktu terbaik menyimpan ayam goreng di kulkas adalah maksimal 3 hari. Lebih dari waktu itu, dikhawatirkan kualitas daging ayam sudah berkurang dan terkontaminasi bakteri.

TIPS:

menyimpan ayam goreng di kulkas
photo by Monkey Business Images (Shutterstock)
  • Ketika menyimpannya di kulkas, pastikan ayam tidak dalam keadaan panas atau masih hangat, akan lebih baik jika sudah dingin benar.
  • Kemudian bungkus ayam dalam wadah kedap udara atau diikat rapat dalam plasti dengan rapat agar tidak terkontaminasi udara kulkas.
  • Ketika berada di kulkas, pastikan suhu sekitarnya di bawah 5°C.

Jika ingin memperpanjang waktu penyimpanan, lebih baik simpan di freezer dengan suhu di bawah 0°C, menurut Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO).

Jadi, sebaiknya ayam goreng segera dihangatkan dan dikonsumsi kembali dalam waktu tiga hari jika disimpan di kulkas ya, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓