Tips Memasak Daging Bebek agar Tidak Amis

Febi Anindya Kirana26 Feb 2020, 12:04 WIB
daging bebek

Fimela.com, Jakarta Ada berbagai macam daging yang bisa diolah di rumah bukan berarti semuanya bisa diperlakukan sama. Beda daging beda cara mengolahnya, termasuk mengolah dan memasak daging bebek.

Daging bebek memiliki cita rasa yang sangat gurih jika bisa mengolahnya dengan benar, namun jika tidak justru akan amis dan tak sedap. Ini cara membersihkan daging bebek agar tidak berbau amis.

Cabut bulunya hingga habis

Pertama yang harus dilakukan adalah memastikan daging bebek sudah bersih benar dari bulunya. Jika masih ada, cabut hingga habis dan cuci bersih. Bulu yang tersisa bisa memengaruhi rasa dan memberkuat bau amisnya.

Bersihkan jeroan dan uang bagian pantatnya

Jika membeli dalam kondisi utuh, jangan lupa membersihkan jeroannya dengan seksama. Buang bagian pantatnya atau sering juga disebut brutu. Di situ ada minyak yang menjadi penyebab bau amis atau tak sedap pada daging bebek.

Potongan yang tidak terlalu besar

daging bebek
Tips agar daging bebek empuk dan tidak amis./Copyright shutterstock.com

Lebih baik tidak memasak bebek dalam keadaan utuh. Potong-potong daging bebek menjadi beberapa bagian, pastikan tidak terlalu besar karena potongan daging ini akan memengaruhi penyerapan bumbu sehingga yang bisa menghilangkan bau amisnya. Jika dipotong terlalu besar, bumbu tak bisa meresap sempurna sehingga menyisakan bau amis.

Remas dengan daun pepaya

Setelah dicuci bersih, ambil dua lembar daun pepaya dan remas-remaskan pada daging bebek. Bukan hanya membantu mengurangi amisnya tapi fungsi daun pepaya adalah mengempukkan daging bebek yang biasanya alot atau liat. Diamkan selama 10 menit dan bilas lagi.

Lumuri air jeruk nipis

Setelah diremas dengan daun pepaya, lumuri secara menyeluruh dengan air jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas bersih. Setelah itu bisa dimasak dengan banyak rempah. Rempah yang banyak akan membuat daging bebek gurih dan menghilangkan amisnya.

Jadi, itu dia sekian cara membersihkan daging bebek agar tidak amis atau berbau tidak sedap saat disantap. Semoga bermanfaat, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓