HeForShe Run 2020 Dukung Kesetaraan Gender di Hari Perempuan Internasional

Fimela Editor26 Feb 2020, 19:00 WIB
Ilustrasi lari

Fimela.com, Jakarta Masih tegaknya budaya patriarki, membuat belum ada satu negara di dunia mampu mencapai kesetaraan gender hingga saat ini. Nyatanya, perempuan di seluruh dunia dan Indonesia, masih menghadapi berbagai tantangan seperti, norma sosial yang negatif, kekerasan, serta diskriminasi yang kerap membatasi perempuan dalam meraih potensi mereka seutuhnya, serta dalam mendapatkan kesempatan yang setara.

Sebab itu, antusiasme masyarakat menyambut Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2020, menuai banyak simpatik dari banyak kalangan. Tidak terkecuali Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) yang juga menyambut Hari Perempuan Internasional melalui kerja sama dengan UN Women untuk kembali menggelar kegiatan lari dalam rangka mendukung kesetaraan gender HeForShe Run 2020.

"Semua orang bisa berpartisipasi. Olahraga ini mampu mengubah stereotip, bahwa laki-laki dan perempuan itu setara. Juga, melalui olahraga ini laki-laki dan perempuan bisa bekerjasama, maka kita bisa melihat dari segi sportivitasnya sehingga jenis kelamin bukan lagi sebuah tolak ukur karena kemampuan yang dimiliki laki-laki dan perempuan itu setara," ujar Presiden IBCWE Shinta Widjaja Kamdani di Press Conference HeForShe Run 2020, di Jakarta, Rabu (26/2).

Didukung oleh PT Unilever Indonesia, Tbk melalui salah satu brand-nya, Rexona, HeForShe Run 2020 akan dilaksanakan pada 8 Maret 2020, di kawasan The Breeze, BSD, Tangerang. Tahun ini, menjadi yang kedua untuk HeForShe Run.

 

 

HerForShe Run
Sambut Hari Perempuan Nasional 8 Maret HerForShe Run 2020 kembali digelar untuk kedua kalinya (Iffah Nurahmah)

Kampanye "Gerak Tak Terbatas"

HerForShe Run
Sambut Hari Perempuan Nasional 8 Maret HerForShe Run 2020 kembali digelar untuk kedua kalinya (Iffah Nurahmah)

Sejak diluncurkan, HeForShe telah menggandeng ratusan ribu laki-laki di seluruh dunia, termasuk Presiden Joko Widodo sebagai HeForShe Champion, para CEO juga advokat global dari semua lapisan masyarakat untuk memajukan kesetaraan gender.

Selaras dengan kampanye Rexona "Gerak Tak Terbatas" pada kegiatan HeforShe Run ini Rexona bertujuan mengajak masyarakat Indonesia tanpa terkecuali untuk bergerak, yang diwujudkan melalui aplikasi “Gerak by Rexona”.

Gerak adalah aplikasi yang bertujuan untuk memberikan fasilitas agar masyarakat bisa berkontribusi dan memberikan aksi nyata bagi para penyandang disabilitas hanya dengan membuka aplikasi dan melangkah. Para pelari yang ikut berpartisipasi di acara HeForShe Run 2020 diharapkan bisa mendownload aplikasi Gerak terlebih dahulu, agar setiap langkahnya dapat dihitung dan hasilnya dapat didonasikan.

Cara kerjanya adalah setiap satu langkah berarti kamu telah melakukan donasi senilai satu rupiah. Rexona sendiri menargetkan 2 miliar langkah yang nantinya akan didonasikan kepada para penyandang disabilitas. Harapannya akan ada lebih banyak lagi masyarakat yang ikut berpartisipasi pada kampanye ini.

 

Simak video berikut ini

#ChangeMaker 

Lanjutkan Membaca ↓