5 Tanda Ini Muncul Saat Kamu Butuh Liburan

Karla Farhana04 Mar 2020, 15:30 WIB
[Fimela] Liburan

Fimela.com, Jakarta Meski kamu begitu mencintai pekerjaan dan aktivitas yang selama ini kamu jalani, ada kalanya jenuh melanda. Rasa jenuh ini biasanya merupakan pertanda untuk rehat sejenak dari berbagai kesibukan. Tapi, jenuh sebenarnya bukan satu-satunya tanda kalau kamu butuh liburan

Selama berabad-abad, tulis Travel and Leisure, para peneliti telah menyelidiki manfaat berlibur. Mereka mencari tahu apakah liburan dari kesibukan sehari-hari, mulai dari deadlines hingga rutinitas, menjadi imbalan yang lebih berharga dan sebanding. 

Jadi, ada beberapa bukti yang mereka temukan selama melakukan riset kalau liburan memiliki dampak positif pada beberapa hal dalam hidupmu. Mulai dari tekanan darah, hingga tingkat energi. Karena itu, liburan memang sangat diperlukan setiap orang. Apa saja tandanya kalau kamu membutuhkan waktu untuk rehat sejenak? 

1. Stres

[Fimela] Liburan
Ilustrasi Liburan | unsplash.com/@allaboutmelisa

Stres kadang diperlukan untuk memicu pikiran melahirkan ide-ide baru dan bekerja lebih efektif. Namun, stres yang berlebihan akan memberikan dampak negatif pada kesehatan dan produktivitas. Bussiness Insider menulis, stres parah menjadi salah satu tanda kalau kamu membutuhkan beberapa waktu untuk beristirahat dari semua kesibukan dan hal-hal yang mengganjal pikiran. 

2. Sulit Tidur

Bukan hanya susah tidur, gangguan ini juga ditandai dengan seringnya kamu bangun di tengah malam. Masalah tidur ini menjadi salah satu gejala kalau kamu stres, atau berlebihan dalam bekerja. 

3. Banyak Kesalahan Saat Bekerja

 

Kesalahan pasti dilakukan setiap orang di tempat kerja. Tapi, kalau biasanya kamu cukup teliti dan dikenal sebagai orang yang hampir tidak pernah melakukan kesalahan tertentu, tapi dalam 1-2 bulan terakhir kamu justru melakukan banyak kesalahan, kamu butuh liburan. 

4. Tidak Antusias

[Fimela] Liburan
Ilustrasi Liburan | unsplash.com/@norbuw

Tidak semua orang mencintai pekerjaannya. Namun, jika kamu memulai pekerjaan yang sekarang kamu pegang dengan riang gembira, kenapa tiba-tiba justru tidak bersemangat untuk datang ke kantor? Hilangnya antusiasme pada suatu aktivitas atau pekerjaan yang kamu cintai juga menjadi salah satu tanda stres. 

5. Berkutat di Dunia Pekerjaan

Fokus berkarier memang baik. Namun, jika kehidupanmu hanya tentang pekerjaan dan tidak lagi memiliki hobi, kamu sepertinya membutuhkan waktu untuk berlibur dan merawat dirimu sendiri. Pamper yourself and give yourself some time to chill! 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓