9 Tips Efektif untuk Menurunkan Lemak Perut

Gayuh Tri Pinjungwati27 Feb 2020, 18:15 WIB
berat badan

Fimela.com, Jakarta Lemak perut lebih dari sekedar gangguan yang membuat pakaianmu terasa ketat dan kencang, hal ini sangat berbahaya. Bagi sebagian orang masih bingung untuk mengurangi lemak dalam perut. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi kelebihan lemak perut secara efektif.

Makan Banyak Serat Larut

Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaanmu. Studi menunjukkan bahwa jenis serat ini mendorong penurunan berat badan dengan membantumu merasa kenyang, sehingga seseorang akan makan lebih sedikit. Ini juga dapat menguangi jumlah kalori yang diserap oleh tubuh dari makanan. Terlebih, serat larut dapat membantu melawan lemak perut. Usahakan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat setiap hari. Sumber serat larut yang sangat baik yaitu, kubis, alpukat, polong-polongan, dan buah berry.

Hindari Makanan Yang Mengandung Lemak Trans

Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh , seperti minyak kedelai. Lemak ini telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin,dan peningkatan lemak perut. Untuk mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatanmu, baca label bahan dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans. Ini sering terdaftar sebagai lemak terhidrogenasi pasrsial.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Protein

Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk pengelolaan berat badan. Protein juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh dan membantu mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan. Banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut daripada mereka yang makan makanan rendah protein. Pastikan untuk memasukkan sumber protein yang baik di setiap makan. Makanan yang mengandung protein yaitu daging, ikan, telur, susu dan kacang polong.

Kurangi Makanan yang Terlalu Manis

Minuman Kekinian H! Cups
H! Cups, Minuman Kekinian yang Peduli Kesetaraan Gender Lewat Pemberdayaan Perempuan (Foto: hicups.official)

Gula mengandung fruktosa, yang telah dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis ketika dikonsumsi secara berlebihan. Ini termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit hati berlemak. Studi pengamatan menunjukkan hubungan antara asupan gula tinggi dan peningkatan lemak perut. Sangat penting untuk menyadari bahwa lebih dari sekedar pemanis buatan dapat menyebabkan peningkatan lemak perut. Bahkan gula yang lebih sehat, seperti madu asli , harus digunakan dengan hemat.

Kurangi Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat, terutama karbohidrat halus bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak, termasuk lemak perut. Diet dengan karbohidrat di bawah 50 gram per hari menyebabkan hilangnya lemak perut pada orang yang kelebihan berat badan, mereka yang berisiko terkena diabetes tipe 2. Dirmu tidak harus mengikuti diet rendah karbohidrat yang ketat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hanya mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat bertepung yang tidak diproses dapat meningkatkan kesehatan metabolisme dan mengurangi lemak perut.

Dapatkan Banyak Tidur Nyenyak

Tidur penting untuk banyak aspek kesehatan, termasuk berat badan. Studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung menambah berat badan, yang mungkin termasuk lemak perut. Kondisi yang dikenal sebagai sleep apnea , di mana pernapasan berhenti sebentar-sebentar di malam hari. Selain tidur setidaknya 7 jam per malam, pastikan dirimu mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Jika merasa curiga bahwa dirimu menderita sleep apnea atau gangguan tidur lainnya, bicarakan dengan dokter dan dapatkan perawatan.

Tambahkan Cuka Sari Apel ke Diet Anda

cuka apel
ilustrasi cuka apel/copyright Rawpixel

Minum cuka sari apel memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan , termasuk menurunkan kadar gula darah. Ini mengandung asam asetat, yang telah terbukti mengurangi penyimpanan lemak perut. Untuk mengonsumsi cuka sari apel ini dengan mengambil 1-2 sedok makan suka sari apel larutkan pada segelas air putih.

Makan Makanan Probiotik

Probiotik adalah bakteri yang ditemukan dalam beberapa makanan. Mereka memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Para peneliti telah menemukan bahwa berbagai jenis bakteri berperan dalam pengaturan berat badan dan memiliki keseimbangan yang tepat dapat membantu menurunkan berat badan, termasuk kehilangan lemak perut. Yang terbukti mengurangi lemak perut termasuk anggota keluarga lactobacillus, seperti lactobacillus fermentum, lactobacillus amylovorus dan khususnya lactobacillus gasseri.

Ubah Gaya Hidupmu dan Gabungkan Berbagai Metode

Hanya melakukan salah satu item dalam daftar ini tidak akan memiliki efek besar sendiri. Jika menginginkan hasil yang baik, perlu menggabungkan berbagai metode yang telah terbukti efektif. Menariknya, banyak dari metode ini adalah hal-hal yang umumnya terkait dengan makan sehat dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Oleh karena itu, mengubah gaya hidupmu untuk jangka panjang adalah kunci untuk kehilangan lemak perut dan mempertahankannya.

Tidak ada cara instan untuk menghilangkan lemak dalam perut pada seseorang. Penurunan berat badan selalu membutuhkan usaha, komitmen dan ketekunan. Tetap lakukan gaya hidup dehat dan melakukan program menghilangkan lemak dengan rutin.

#Changemaker

Lanjutkan Membaca ↓