Merasa Tidak Dicintai? Ini 5 Cara Terapkan Self Love

Fimela Editor02 Mar 2020, 14:00 WIB
[Fimela] self love

Fimela.com, Jakarta Bukan tidak penting mencintai diri sendiri. Mengasihi dan mencintai orang lain juga perlu. Tapi semua bermula dari diri sendiri. Tunjukkan pada diri sendiri cinta yang benar-benar layak kamu dapatkan. Rahasia untuk belajar bagaimana mencintai diri sendiri terletak pada membangun kepercayaan diri. 

Self love menjadi sangat penting. Walaupun memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, belajar mencintai diri sendiri harus dengan melakukan tindakan nyata. Jika kamu merasa tidak ada orang di sekitarmu yang benar-benar mencintaimu, ini 5 cara menerapkan self love menurut Yourtango.com. 

1. Belanja

Sesering apa kamu memberikan hadiah kepada orang-orang dalam kehidupanmu? Tapi bagaimana jika suami, sahabat, ibu, saudara perempuan atau anak perempuanmu memberikan suatu hal khusus? Bukankah kamu akan merasa dicintai dan dihargai? Mungkin saat membelinya sendiri tidak memberikan kamu perasaan yang sama. Inilah saatnya berhenti menunggu orang lain untuk memberikan apa yang kamu inginkan. Sudah waktunya untuk cukup mencintai diri sendiri dengan memberikan apa yang kamu inginkan kepada diri sendiri.

2. Meningkatkan kualitas kehidupan

[Fimela] ilustrasi self love
ilustrasi self love | unsplash.com/@creativegangsters

Sebagai cara mencintai diri sendiri, penting untuk kamu meningkatkan kualitas hidup. Belilah mesin pembuat espresso jika kamu ingin menikmati latte yang enak di rumah, atau kamu juga bisa membeli cermin rias yang terang jika kamu ingin memiliki kemampuan lebih dalam merias wajah. Jika kamu pecinta kuliner, kamu bisa menikmati satu set hidangan yang lezat untuk merasa sedikit memanjakan lidah pada sebuah hidangan makan malam misalnya.

Meskipun kita sering mengabaikan hal-hal kecil seperti ini, ternyata itu banyak membantu dalam meningkatkan kehidupan kita. Ketika kamu melakukan cara-cara kecil ini untuk menjadikan kehidupan sehari-hari kamu lebih indah dan menyenangkan, kamu akan lebih mudah mencintai diri sendiri.

3. Jadwalkan kencan makan siang dengan sahabat

Ada sesuatu tentang menghabiskan waktu bersama sahabat yang membuat kita merasa dicintai, diperhatikan, dan merasa penting. Sebuah penelitian memberi tahu kita bahwa menghabiskan waktu bersama teman-teman dalam jangka panjang meningkatkan kesehatan mental kita dan meningkatkan hormon endorfin kita.

Teman-teman kita dapat membantu mengingatkan kita untuk melakukan pekerjaan sebagai upaya mencintai diri kita sendiri dan kita dapat mencerminkan itu kembali kepada mereka.

4. Hempaskan hal-hal yang tidak kamu sukai

[Fimela] ilustrasi self love
Ilustrasi self love | unsplash.com/@giulia_bertelli

Hal-hal yang tidak berjalan dengan baik di hidup kita dapat menghalangi kita untuk mencintai diri sendiri. Buang hal-hal yang dapat membuat harimu atau bahkan kehidupanmu buruk, misalnya barang yang tidak kamu suka, tidak pas, atau tidak perlu ada dalam tas. Kelebihan barang juga dapat mengganggu kita dari menjalani kehidupan terbaik kita.

5. Tingkatkan satu item di dalam tas makeup

Meskipun mungkin kamu menganggap merias wajah setiap hari adalah upaya membuang-buang waktu, tidak bisa dipungkiri bahwa itu adalah cara untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu, bukan? Jadi, alih-alih memakai makeup yang sama, atau yang sudah lama, dengan harga yang murah setiap hari, bagaimana jika kamu meningkatkan sesuatu sebagai pelengkap make up kamu.

Contoh kecilnya mungkin kamu merasa lebih baik memakai alas bedak atau perona pipi yang baru, atau berinvestasi pada palet eye shadow yang sedang tren. Memilih riasan berkualitas lebih baik dapat membuat kamu merasa seperti mencintai diri sendiri, bukan hanya mentolerir diri sendiri.

Dalam upaya mencintai diri sendiri perlu diingat bahwa apa yang kamu pikirkan tentang diri kamu lebih penting dari apa pun, terutama ketika kamu bisa mencintai diri sendiri, daripada membiarkan diri kamu seolah-olah tidak ada yang menghargai atau mencintai kamu seperti yang pantas kamu dapatkan.

#ChangeMaker

Penulis: Iffah Nurahmah

Lanjutkan Membaca ↓