Kunci Hidup Panjang Umur, Bahagialah dulu dengan Hidupmu

Febi Anindya Kirana06 Mar 2020, 10:18 WIB
hidup bahagia

Fimela.com, Jakarta Hidup panjang umur agar bisa menikmati hidup lebih lama mungkin adalah harapan semua orang. Banyak penelitian mengatakan bahwa hidup panjang umur bisa didapat dengan banyak hal, mulai dari punya pasangan yang penuh cinta hingga menjaga gaya hidup sehat.

Salah satu kunci hidup panjang umur lainnya adalah dimulai dari dalam diri sendiri, yaitu merasa bahagia. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ oleh Andrew Steptoe dari University College of London menemukan bahwa hidup panjang umur bisa didapat jika seseorang merasa bahagia dengan hidupnya.

Hidup bahagia kunci hidup panjang umur

perempuan olahraga
ilustrasi perempuan olahraga/Photo by mentatdgt from Pexels

Penelitian ini melihat hubungan antara rasa bahagia dan positif dengan potensi hidup panjang umur. Penelitian yang melibatkan 10 ribu pria dan perempuan di Inggris dari tahun 2002-2013 ini menemukan bahwa partisipan yang merasa bahagia dengan kehidupannya memiliki harapan hidup lebih tinggi.

Sebanyak 24% orang yang mengaku puas dan bahagia dengan hidupnya lebih panjang umur dan tidak mudah sakit dibanding mereka yang mengaku tidak menikmati hidupnya.

Andrew Steptoe mengatakan, "Semakin besar orang memandang kehidupan secara positif , semakin baik kesehatan dan probabilitas hidup panjang umur. Menjaga pertemanan dan hubungan sosial yang baik dengan orang lain merupakan bekal yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental".

Cukup masuk akal ya Sahabat Fimela, karena nyatanya orang yang tak bahagia dengan hidupnya pasti akan punya pikiran untuk bunuh diri atau mengakhiri hidupnya. Jadi, jika ingin hidup panjang umur, bahagialah dulu dengan hidupmu, ladies.

#ChangeMaker with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓