Wajah Berjerawat Bukan Alasan untuk Terus Bersedih dalam Hidup

Endah Wijayanti09 Mar 2020, 10:32 WIB
pengalaman berjerawat

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri bukanlah tindakan egois. Justru dengan mencintai diri sendiri, kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Di antara kita ada yang harus melewati banyak hal berat dalam hidup sampai rasanya sudah tak punya harapan apa-apa lagi. Namun, dengan kembali mencintai diri sendiri dan membenahi diri, cahaya baru dalam hidup akan kembali bersinar. Melalui salah satu tulisan yang dikirimkan Sahabat Fimela dalam Lomba My Self-Love Story: Caramu untuk Mencintai Diri ini kita akan memetik sebuah inspirasi baru yang dapat mencerahkan kembali hidup kita.

***

Oleh: Delima Octa

Semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing menutupi segala kekurangan dengan kelebihan yang kita miliki. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini termasuk aku. Aku memiliki tipe wajah yang berminyak dan berjerawat. Jika aku melihat orang lain itu di hati kecilku mengatakan ingin sekali memiliki wajah yang bersih mulus tanpa jerawat seperti orang-orang yang lain. Sempat berpikir ingin rasanya aku diberi keajaiban sekali saja tanpa adanya jerawat yang muncul di wajahku.

Malu, minder, nggak percaya diri setiap kumpul dengan teman-temanku yang sebaya mengajak main dan berfoto bersama. Karena teman-temanku memiliki wajah yang tidak setipe denganku. Pertanyaan orang-orang yang sering sekali dilemparkan ke aku adalah tentang jerawat katanya mereka iba melihatku karena wajahku yang rusak oleh jerawat, selain itu juga ada komentar yang lain. Banyak juga yang memberikan saran berobat dengan cara alami, tradisional, maupun teknologi. Padahal semua usaha sudah aku lakukan mulai dari berobat ke dokter kulit, klinik kecantikan, sampai dengan mencoba cara pengobatan alami atau tradisional.

Semua usaha telah aku lakukan ada yang membuahkan hasil dari usahaku itu tetapi tidak bertahan lama hanya itungan bulan saja. Hal itu yang membuatku bingung dan kadang menjadi stress karena memikirkan jerawat yang tak kunjung sembuh. Rasanya aku ini ingin menangis ketika mendengar cibiran orang yang melihatku. Bukan berarti dengan kondisi seperti itu aku tidak merawat wajahku. Aku tetap merawat wajahku dengan sabar dan doa. Aku sempat putus asa dan kehilangan semangat karena tidak adanya perubahan pada wajahku. Akan tetapi dukungan dari orang-orang terdekatku yang menumbuhkan semangat lagi dalam diriku.

Sebagai seorang perempuan itu pasti semua memimpikan menjadi orang yang cantik dengan selalu menjaga dan merawat diri seperti kulit terutama wajah karena wajahlah yang pertama kali dilihat oleh orang. Aku seperti kurang bersyukur kepada Allah karena wajahku yang sering berjerawat ini. Pikirku kembali aku masih diberikan normal serta lengkap oleh Allah di luar sana banyak yang tidak lengkap sepertiku.

 

 

Masih Tetap Perlu Bersyukur

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Harusnya aku mengucap banyak syukur kepada Allah bukan sebaliknya, sebab aku hanya diberikan wajah yang berjerawat bukan penyakit yang berat. Aku menyadari bahwa Allah menciptakan makhluk-Nya dengan sebaik-baiknya. Aku tidak menyerah dengan terus berusaha menjaga dan merawat kulit wajahku sendiri dengan terus rajin membersihkan wajah tanpa mengubah ciptaan-Nya.

Cara-caraku mencintai diri ialah dengan banyak bersyukur beribadah paling utama dan menjadi diri sendiri tidak iri dengan orang lain. Selalu menjaga dan merawat tubuh dari ujung rambut hingga kaki karena perempuan itu mencintai keindahan. Serta menghindari pemicu yang menyebabkan timbulnya jerawat. Tidak lupa untuk selalu makan makanan sehat seperti buah, sayur, minum air putih yang banyak serta olahraga. Dengan tampil sederhana serta menjaga penampilan yang bersih dan rapi adalah hal yang mudah. Imbangi juga dengan sikap yang sopan maupun tutur kata yang baik terhadap orang lain di sekeliling kita.

Perempuan biasa menggunakan make-up juga untuk menambah penampilan, tidak perlu yang berlebihan, tampil dengan make-up yang terlihat natural untuk menambah kesan menarik. Sekali-kali pergi ke salon untuk merawat diri. Apabila belum ada uang juga bisa berhemat dengan merawat sendiri di rumah dengan membeli bahan perawatan tubuh sendiri yang bisa dilakukan jika ada waktu senggang. Untuk menghilangkan rasa penat, bisa jalan-jalan, makan, atau nonton film dengan teman menjadi penghilang rasa capek ketika butuh refreshing dari aktivitas kita setiap hari.

Di zaman serba modern ini hal apa pun bisa kita lakukan dengan browsing yang tidak menguras budget. Semua orang pasti memiliki hobi. Menikmati hobi, apa yang kita suka contohnya juga bisa mengusir dari rasa bosan dari aktivitas kita sehari-hari. Mengembangkan hobi yang bisa menghasilkan uang untuk menambah penghasilan kita dan menabungnya.

 

#ChangeMaker

Lanjutkan Membaca ↓